Wah..! KPU Ungkap Megawati dan Hasto Teken PAW untuk Harun Masiku 


Sabtu, 11 Januari 2020 - 11:15:19 WIB
Wah..! KPU Ungkap Megawati dan Hasto Teken PAW untuk  Harun Masiku  PDIP 3 Kali Surati KPU Minta Harun Jadi Anggota DPR, Tapi Ditolak KPU. (kumparan)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Dalam kasus suap yang menjerat Komisioner KPU Wahyu Setiawan, nama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto ikut terseret. Hal ini dikarenakan staf Hasto ikut diamankan KPK.

Staf Hasto diduga ikut terlibat meloloskan nama pilihan PDIP Harun Masiku sebagai pergantian antarwaktu (PAW) Nazarudin Kiemas yang meninggal.
Ketua KPU Arief Budiman menyebut, surat permintaan PAW untuk Harun diteken oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto.

"Yang terakhir, iya (diteken Megawati dan Hasto). Kalau sebelumnya saya lupa, tapi kalau yang terakhir permintaan permohonan, iya ditandatangani," kata Arief di kantor KPU RI, Jumat (10/1).

"Tanggal berapa saya lupa. Pokoknya kita rapat pleno tanggal 6 (Januari), langsung saya tanda tangan, terus tanggal 7 (Januari) kita kirimkan ke yang meminta," lanjutnya.

Untuk diketahui, Wahyu meminta uang Rp 900 juta untuk memperjuangkan caleg titipan PDIP yakni Harun Masiku untuk menggantikan caleg pengganti Riezky Aprilia. Kursi yang diperebutkan ini sendiri milik caleg terpilih dapil 1 Sumatera Selatan Nazarudin Kiemas.


Wahyu menerima Rp 200 juta dan dijanjikan Rp 400 juta lagi. Namun, upaya Wahyu harus gagal. Sebab KPU dalam rapat pleno 6 Januari 2020 menolak mengganti Riezky dengan Harun.

KPK telah menetapkan Wahyu sebagai tersangka. Penetapan Wahyu sebagai tersangka juga diikuti oleh Agustiani Tio Fridelina, orang kepercayaan Wahyu; Saeful pihak swasta; dan Harun Masiku, calon anggota legislatif (caleg) dari PDIP yang belum tertangkap. (kpr)

 Sumber : kumparan.com /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected].com
APP HARIANHALUAN.COM