Kurangi Sampah Plastik, Nadiem Makarim Terapkan Larangan Kemasan Air Minum Sekali Pakai


Sabtu, 11 Januari 2020 - 12:52:49 WIB
Kurangi Sampah Plastik, Nadiem Makarim Terapkan Larangan Kemasan Air Minum Sekali Pakai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim. Ist

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim melarang penggunaan kemasan air minum sekali pakai atau kantong plastik di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hal tersebut tertuang dalam Surat edaran Nomor 12 Tahun 2019 tertanggal 26 November 2019 tentang Larang Penggunaan Kemasan Air Minum Berbahan Plastik Sekali Pakai dan/atau Kantong Plastik di Lingkungan Kemendikbud.

Dalam surat edaran yang diterima Sabtu (11/1/2020), dijelaskan melarang penggunaan bahan-bahan yang dapat menimbulkan sampah, seperti piring, gelas, kemasan air minum berbahan plastik sekali pakai, atau kantong plastik di lingkungan kerja masing-masing.

Kemudian dalam rapat, sosialisasi, pelatihan dan kegiatan sejenis tidak menggunakan pembungkus makanan atau kemasan minuman plastik.

Setiap unit diminta untuk menyediakan dispenser atau teko air minum, dan gelas minum di setiap ruang kerja atau ruang pertemuan, rapat atau aula.

Kemudian meningkatkan penggunaan peralatan makan dan minum yang terbuat dari kaca, melamin, keramik, dan rotan antara lain dengan membiasakan penggunaan botol minum sebagai alat minum dan membawa alat makan pribadi.

Selanjutnya, meningkatkan penggunaan kantong yang dapat digunakan kembali dalam aktivitas jual beli di area kantin.

Selanjutnya, mengurangi penggunaan spanduk, backdrop, baliho, dan media iklan lainnya yang berbahan plastik pada kegiatan rapat, sosialisasi, pelatihan, dan kegiatan sejenis lainnya.

Dalam surat edaran itu, Nadiem meminta pimpinan unit kerja melakukan sosialisasi terhadap larangan penggunaan kemasan air minum berbahan plastik sekali pakai atau kantong plastik. (h/*)

 Sumber : Kemdikbud /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 23 November 2019 - 15:06:28 WIB

    Defisit BPJS, Menkes Minta RS Kurangi Sesar dan Pasang Ring

    Defisit BPJS, Menkes Minta RS Kurangi Sesar dan Pasang Ring JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto akan melarang Rumah Sakit (RS) memberikan pelayanan berlebih kepada pasien demi mengurangi biaya tagihan RS ke BPJS Kesehatan. Khususnya, untuk layanan atas .
  • Jumat, 08 November 2019 - 12:28:55 WIB

    Horeee..! Pemangkasan Eselon Tak Kurangi Jumlah dan Pangkat PNS

    Horeee..! Pemangkasan Eselon Tak Kurangi Jumlah dan Pangkat PNS JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno memberi penjelasan terkait rencana pemerintah memangkas jumlah eselon. Dia mengatakan, pengurangan eselon tak mengurangi jumlah maupun pangkat aparatu.
  • Kamis, 07 November 2019 - 11:48:01 WIB

    MUI Minta Pemerintah Kurangi Bicara Radikalisme

    MUI Minta Pemerintah Kurangi Bicara Radikalisme JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menilai pembahasan mengenai bahaya paham radikalisme sudah mencapai level berlebihan. Menurut MUI, masih banyak persoalan bangsa yang harus diperhatikan..
  • Sabtu, 26 Oktober 2019 - 11:46:41 WIB

    Ini Alasan Tjahjo Kumolo Mau Kurangi Jumlah PNS

    Ini Alasan Tjahjo Kumolo Mau Kurangi Jumlah PNS JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo bakal membenahi struktur dari Aparatur Sipil Negara (ASN) alias PNS. Tjahjo menilai fungsi PNS didominasi yang si.
  • Senin, 05 Agustus 2019 - 11:58:36 WIB

    Wah... Ada yang Baru dari PLN! Kompensasi Listrik Padam, Tagihan Pelanggan akan Dikurangi

    Wah... Ada yang Baru dari PLN! Kompensasi Listrik Padam, Tagihan Pelanggan akan Dikurangi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Listrik padam di wilayah Ibukota Jakarta dan sekitarnya pada Minggu (4/8) dan Senin (5/8) mencengangkan publik. Namun PLN mengaku bertanggungjawab atas listrik padam tersebut dan siap memberikan .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM