Lokasi Wisata Simpang Tigo Buayo Putiah Diserbu Pengunjung 


Sabtu, 11 Januari 2020 - 20:19:55 WIB
Lokasi Wisata Simpang Tigo Buayo Putiah Diserbu Pengunjung  Terlihat ratusan pengunjung saat memasuki kawasan wisata Simpang Tigo Buayo Putiah, Nagari Taratak, Kacamatan Sutera, Pessel. 

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Dipenghujung libur sekolah, kawasan wisata "Simpang Tigo Buayo Putiah" yang terletak di Nagari Taratak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, terus saja diserbu pengunjung. Mereka yang datang ke lokasi, tak hanya dari daerah setempat. Namun, dari berbagai daerah, seperti Jambi dan Pekanbaru.

Doni Koto (38) warga Batangkapas mengaku senang ketika berkunjung bersama keluarganya ke kawasan tersebut. Menurutnya, Wisata Simpang Tigo Buayo Putiah tak sekadar menyajikan nuansa alam nan indah dan asri. Namun, juga dilengkapi dengan permainan wahana air yang membuat anak-anak menjadi senang. 

"Selain diengkapi dengan wahana bermain anak, jarak tempuh kesini juga dekat. Bisa irit BBM juga. Saya bersama keluarga merasa senang," ujarnya pada Haluan di lokasi, Sabtu (11/ 1) 2020 .

Tak hanya itu, sejumlah permainan dan kuliner yang ditawarkan ke pengunjung, kata dia, masih dengan harga standar. Sehingga tidak menguras kocek terlalu dalam. 

"Ya, rata-rata Rp10 ribu sekali bermain. Wahananya beragam, mulai dari Istana Balon, Odong-odong, Bebek Dayung, Sepeda Air, dan sebagainya. Jadi, sangat pas untuk liburan bersama keluarga," katanya. 

Sementara itu, Fahmi Yuhendra selaku pemilik Cafe Palapa menyebutkan, pengunjung yang datang ke lokasi bakal disuguhkan dengan kuliner makanan daerah yang memiliki cita rasa khas ala kampung, sehingga memanjakan lidah pengunjung ketika bersantap bersama keluarga. 

"Kami merasa bersyukur dengan adanya Wisata Simpang Tigo Buayo Putiah ini. Alhamdulillah, sejak wisata ini dibuka, ekonomi masyarakat terus menggeliat. Pada hari biasa kami biasanya meraup omset kotor Rp1 juta, namun pada hari libur sekarang naik menjadi 2 kali lipat," ucapnya saat itu.

Menurutnya, Palapa Cafe dikonsep menyatu dengan alam secara outbound. Sehingga memberikan kenyamanan kepada pengunjung sambil bersantap bersama keluarga.

"Disini kami lebih mengutamakan pelayanan dan kenyamanan. Kami berharap semoga kawasan wisata ini terus diminati pengunjung, sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar," katanya. 

Terpisah, Dodi Anto selaku Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Simpang Tigo Buayo Putiah menuturkan, diawali dengan niat dan kesadaran sejumlah pemuda dan tokoh masyarakat untuk memajukan wisata bahari secara  swakelola.

"Dengan dana seadanya, kami berniat membuka kembali pariwisata ini yang sebelumnya sempat vakum. Awalnya kami membuka akses jalan, jembatan darurat, dan beberapa fasilitas pendukung lainnya dengan cara swadaya. Alhamdulillah dalam kurun waktu 3 bulan, wisata ini menjadi berkembang dan viral," ujarnya. 

Menurut dia, pengunjung yang datang tak hanya lokal, namun juga dari berbagai daerah. Bahkan, selama wisata tersebut dibuka, diperkirakan sudah puluhan ribu pengunjung yang datang ke kawasan Simpang Tigo Buayo Putiah.

"Mereka yang datang juga dari luar daerah, seperti Jambi dan Pekanbaru. Rata-rata pengunjung yang datang pada hari libur mencapai 2000 hingga 4000. Hal ini jika di kalkulasikan dengan karcis parkir yang dipungut pihak pengelola," katanya.

Kendati demikian, ia berharap wisata tersebut tak luput dari perhatian pemerintah daerah untuk mendukung sarana dan prasarana yang memadai, sehingga terus berbenah dan berkembang sebagaimana yang diharapkan bersama.

"Baru-baru ini, Pemkab Pessel melalui Dinas terkait berjanji bakal membangun jembatan penyeberangan dan jalan sebagai sarana pendukung ke lokasi kawasan wisata. Semoga dalam waktu dekat segera terealisasi," tuturnya penuh harap (h/Efz) 

Reporter : Efrizal /  Editor : Heldi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]