Puluhan Ribu Bibit Ikan Disebar di Danau Cimpago, Wagub : Suatu Saat Bisa Jadi Spot Mancing


Sabtu, 11 Januari 2020 - 21:50:18 WIB
Puluhan Ribu Bibit Ikan Disebar di Danau Cimpago, Wagub : Suatu Saat Bisa Jadi Spot Mancing Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit saat menebar ikan puyu di Danau Cimpago, Kota Padang, Sabtu (11/1/2020). Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 10 ribu bibit ikan disebar di Danau Cimpago, Kota Padang, Sabtu (11/1/2020). Puluhan ribu benih ikan jenis puyu tersebut diharapkan dapat menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan perairan umum baik darat maupun laut di kawasan setempat.

Penyebaran benih ikan dilakukan oleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. Mantan Bupati Pesisir Selatan dua periode itu mengatakan, ikan tersebut merupakan hasil budidaya dari Pariaman. Bibit ikan puyu bisa bertahan dan berkembang hidup di air payau. Selain itu, juga disebar bibit ikan nila sebanyak 5 ribu ekor.

"Kita memang perlu melakukan menebar populasi ikan ini, karena cocok hidup di air payau. Kita berharap nanti bibit ikan ini bisa berkembang, sekaligus daya tarik bagi para pemancing dan juga bisa mensejahterakan masyarakat setempat," ucap Nasrul Abit.

Alasan dipilih ikan puyu lantaran dapat tumbuh dan berkembang di air payau sebagai air campuran antara air tawar dengan air laut. Nasrul Abit berharap, dalam jangka waktu satu tahun ikan puyu sudah berkembang biak, jika ikan sudah tumbuh besar, akan ada wisata mancing di kawasan tersebut.

Nasrul Abit mengungkapkan, saat ini ikan puyu termasuk salah satu ikan mahal karena mulai langka ditemukan di kawasan perairan air tawar. Sebab, masyarakat sering melakukan penangkapan menggunakan jaring. Bahkan sampai ada yang menggunakan sentrum, membuat populasi ikan puyu semakin berkurang di alamnya.

Disamping itu, Nasrul Abit berharap dengan kondisi ikan puyu yang memilih daya tahan hidup kuat, suatu saat Danau Cimpago bisa menjadi tempat lomba memancing ikan puyu, sebagia bagian dari pariwisata juga.

"Pihak BWS Sumatera V bilang bakal melakukan pembenahan untuk Danau Cimpago ini. Artinya kedepan Danau Cimpago bakal jadi daya tarik baru untuk wisatawan yang datang ke Padang," kata Nasrul Abit.

Dalam penyebaran bibit ikan tersebut juga dihadiri oleh Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar Yosmeri, Kepala Humas Setda Sumbar Jasman Rizal, Kepala BWS Sumatera V, Maryadi Utama, Camat dan Lurah setempat. (h/milna)

 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM