Menko Luhut : Kita Harus Berkawan Demi Membangun Indonesia


Ahad, 12 Januari 2020 - 14:17:07 WIB

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan mengatakan setiap keputusan dan kebijakan bukan hanya untuk saat ini, tetapi juga akan dirasakan oleh generasi mendatang.

"Kita membuat keputusan dan kebijakan bukan hanya untuk diri kita sendiri, tapi untuk anak dan cucu kita. Kita harus bangun perkawanan untuk membangun Indonesia," ujar Menko Luhut, dikutip dari laman resmi Kemenko Marves, Minggu (12/1/2020).

Ia mengatakan Indonesia harus bangga akan potensinya dengan pertumbuhan GDP Indonesia yang menduduki nomor 3 di Asia Tenggara bisa membuat lebih percaya diri terhadap negara lain.

Menurut Menko Luhut, Indonesia sedang fokus meningkatkan value added, terutama di bidang litium dan nikel.

"Sebenarnya cost untuk industri lithium battery di Indonesia relatif rendah dibanding negara lain. Kami berharap dengan value chain lithium battery kita bisa menguasai semua sektor," tambahnya.

Selain itu, Menko Luhut juga menegaskan agar implementasi biodiesel harus dipersiapkan lebih dini. Hal itu didukung oleh pengurangan impor energi yang sudah diberlakukan dari tahun 2019.

"Karena seharusnya kita sudah mandiri, sudah akan dibentuk task force untuk carbon credit. Karena seharusnya Indonesia bisa menjadi leader karena paling banyak ada di kita," jelas Menko Luhut.

Lebih lanjut, Menko Luhut menceritakan tentang diplomasi ekonomi Indonesia di Kawasan Afrika, dengan merumuskan skema pembiayaan proyek-proyek infrastruktur yang matang dan terukur serta penguatan posisi, peran, dan kewenangan Indonesia. Memperluas akses pasar dan diversifikasi produk ekspor melalui pembentukan Preferential Trade Agreement (PTA) dengan negara-negara atau organisasi regional di Afrika. (*)

 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 10 Maret 2020 - 10:33:59 WIB

    Tekan Angka Perceraian, Kemenko PMK Siapkan Website Bimwin untuk Catin

    Tekan Angka Perceraian, Kemenko PMK Siapkan Website Bimwin untuk Catin JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Keseriusan pemerintah dalam upaya merevitalisasi atau menyempurnakan program bimbingan perkawinan (bimwin) dibuktikan antara lain melalui pembangunan situs web bimwim guna memperluas informasi sep.
  • Selasa, 03 Maret 2020 - 06:59:03 WIB

    Menkominfo 'Langkahi' WHO Gara-gara Sebut Hal Ini?

    Menkominfo 'Langkahi' WHO Gara-gara Sebut Hal Ini? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Komunikasi & Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengklaim saat ini virus corona (Covid-19) telah berada status pandemi, bukan lagi endemi. Padahal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bel.
  • Sabtu, 29 Februari 2020 - 18:12:48 WIB

    Menko PMK : WNI dari 2 Kapal Pesiar Diobservasi Terpisah

    Menko PMK : WNI dari 2 Kapal Pesiar Diobservasi Terpisah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, WNI dari dua kapal pesiar tersebut akan diobservasi secara terpisah. Secara teknis akan ada d.
  • Jumat, 28 Februari 2020 - 21:57:56 WIB

    Menkopolhukam Mahfud MD Akui Juga Ikut Batal Umrah ke Arab Saudi

    Menkopolhukam Mahfud MD Akui Juga Ikut Batal Umrah ke Arab Saudi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menkopolhukam Mahfud MD mengakui, dirinya juga menjadi bagian dari calon jemaah umrah yang tak bisa berangkat ke tanah suci Mekah karena adanya moratorium dari Kerajaan Arab Saudi terkait pencegaha.
  • Jumat, 28 Februari 2020 - 09:19:39 WIB

    Pasca Konflik Papua, Ini 4 Cacatan Kemenko PMK

    Pasca Konflik Papua, Ini 4 Cacatan Kemenko PMK JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Konflik sosial yang terjadi di Papua dan Papua Barat sejak tahun 2018 lalu telah mengganggu kehidupan sehari-hari masyarakat. Berbagai dampak dirasakan masyarakat dari berbagai bidang, kesehatan, .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM