BkkbN Sumbar Jadi Tuan Rumah, Begini Persiapan Harganas 2020


Ahad, 12 Januari 2020 - 14:18:52 WIB
BkkbN Sumbar Jadi Tuan Rumah, Begini Persiapan Harganas 2020 BkkBN

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pelaksanaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2020 yang rencananya akan digelar pada (8-11/7) di Taman Imam bonjol Kota Padang dipersiapkan secara maksimal oleh BkkbN Sumbar. Dikabarkan, Hari puncak Harganas 2020 pada 11 Juli 2020 akan digabung dengan peringatan Hari Anak Nasional yang pada rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Oleh karenanya, Sekretaris Utama (Sestama) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), Nofrijal mengatakan waktu yang tersisa seharusnya dapat dimaksimalkan. "Enam bulan efektif ke depan, diharapkan dapat dimaksimalkan untuk mempersiapkan Harganas ini," jelas Nofrijal saat memimpin rapat persiapan Jambore Nasional Kampung KB yang menjadi rangkaian Peringatan Harganas dan Hari Anak Nasional 2020, Jumat (10/1).

Dari persiapan yang telah direncanakan sebelumnya, Nofrijal memaparkan beberapa perubahan kegiatan Harganas. Berdasarkan hasil rapat tersebut disimpulkan, Ada sembilan hal yang spesial pada Harganas 2020.  Mulai dari digelarnya Jambore Nasional Kampung KB (Keluarga Berkualitas), pelaksanaan Harganas yang terintegrasi dengan Hari Anak Nasional 2020. 

Kemudian, Peringatan ke-50 BKKBN dengan penyerahan 10 pin emas Anniversary, Puncak peringatan Hari Kepependudukan Dunia (Word Population Day) tanggal 11 Juli dengan tamu negara-negara Selatan yang tergabung dalam Population Partners and Developments (PPD), Kepedulian "Urang Rantau" dan CSR pihak swasta, hitung mundur 365 hari menuju puncak peringatan Harganas ke-27 tahun 2020. 

Selain itu, kehadiran Presiden yang juga akan satu panggung dengan penerima manfaat dan pahlawan pejuang keluarga berencana Indonesia, penampilkan kebolehan seni dan tari anak-anak jalanan dan berkebutuhan khusus, Launching sinetron pembuatan film kembali ke meja makan dengan judul "Dunia Dinda" dan disediakannya seluruh informasi mengenai Harganas yang bisa didapatkan di playstore.

Sebagai tuan rumah, BkkbN Sumbar berupaya mengemas acara Harganas 2020 dengan menarik, berbeda dan berkesan. Harganas 2020 yang mengangkat tiga tema lokal yakni Keluarga Beragama, Keluarga Berbudaya dan Keluarga Produktif itu, diakui BkkbN mendapat dukungan penuh dari pemerintah provinsi Sumbar dan pemerintah Kota Padang.

"BkkbN mengapresiasi kesiapan dan kesigapan Pemprov Sumbar dan Pemko Padang yang turut serta membantu untuk mensukseskan persiapan Harganas 2020," jelasnya.

Senada dengan hal tersebut, Wakil walikota Padang, Hendri Septa yang juga mengikuti rapat pembahasan persiapan Harganas 2020 mengungkapkan rasa terima kasih karena BkkbN telah mempercayakan iven nasional itu di selenggarakan di Kota Padang. Hendri Septa optimis Sumbar khususnya Kota Padang telah siap untuk membantu dan mansukseskan terselenggaranya acara tersebut.

"Insya Allah Kota Padang siap dan harus siap untuk mensukseskan penyelenggaraan Harganas 2020. Apalagi pada kegiatan tersebut juga peringatan Hari Anak Nasional juga diperingati berbarengan dengan Harganas 2020," tuturnya.

Kota Padang, disebutkan Hendri septa telah tiga kali berturut-turut menerima penghargaan sebagai Kota Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA). 

"Oleh karena itu, dengan diselenggarakannya Harganas 2020 di Sumbar dan ditetapkan Kota Padang sebagai tuan rumahnya, hal itu membuat Pemko Padang termotivasi untuk membuktikan bahwa Kota Padang layak sebagai Kota Percontohan untuk Pilot Project Pembinaan Keluarga dan Kota Layak anak," ungkapnya.

Kota Padang, kata Hendri serius untuk menjadikan Kota Padang sebagai kota layak anak dan kota yang menciptakan keluarga yang sakinah. Sehingga hal itu dapat menjadikan Kota Padang sebagai kota percontohan bagi kota lainnya di Indonesia terkait hal tersebut. 

"Dengan Harganas dan Hari Anak Nasional 2020 serta beberapa iven lainnya yang turut serta meramaikan, ini adalah momentum yang tidak boleh disia-siakan karena datangnya kesempatan itu sekali. Sekali dilaksanakan namun berarti," tutupnya. (*)

Reporter : Yessi Swita /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM