Beraksi di 4 Lokasi, Pencongkel Jok Motor Dibekuk Polisi


Ahad, 12 Januari 2020 - 14:45:11 WIB
Beraksi di 4 Lokasi, Pencongkel Jok Motor Dibekuk Polisi Pelaku pencongkelan jok sepeda motor berhasil diungkap polisi. Setidaknya, pelaku sudah beraksi di 4 lokasi dengan membawa kabur puluhan juta rupiah uang yang tersimpan didalam jok sepeda motor korban. DADANG

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Akhir-akhir ini, masyarakat Kota Payakumbuh resah dengan adanya aksi kejahatan  mencongkel  jok motor yang  sedang terparkir. Setidaknya, sudah 4 kali tersebut menimba warga kota. Setelah menerima laporan masyarakat, Polisi Resor Payakumbuh langsung bergerak cepat untuk mengungkap aksi kejahatan tersebut.

“Pelaku berhasil ditangkap,”terang Ajun Komisaris Besar Polisi Dony Setiawan Kapolres Payakumbuh serta AKP Ilham Kepala Satuan Reserse Kriminal pada Sabtu (11/1) malam di Mapolres Payakumbuh. Pelaku merupakan pria 32 tahun yang bernama Webi, warga Kelurahan Payobasuang, Kecamatan Payakumbuh Timur.

Pelaku Webi ditangkap kerumahnya pada Sabtu (11/1) dinihari. Berselang beberapa jam kemudian, Webi berhasil ditangkap Satreskrim Polres Payakumbuh. “Kurang dari 24 jam, pelaku kita tangkap. Pelaku merupakan spesialis pencongkel jok motor dan membawa kabur barang berharga yang ada didalam jok motor tersebut,”terang AKBP Dony.

Selama menjalankan aksinya sejak  November 2019 lalu, selain membawa kabur uang tunai yang tersimpan di jok motor, sejumlah barang berharga seperti handpone, ATM serta rekening bank milik korban, turut di sikat pria tersebut.

Ke empat aksi kejahatan pelaku, yakni pada November 2019, di Jalan Soekarno Hatta Tanjung Gadang, Payakumbuh Barat, dengan hasil uang tunai sebesar Rp 7 juta. Desember 2019, di Kelurahan Parit Rantang, Payakumbuh Barat, dengan hasil uang tunai Rp 3 juta dan 1 buah handphone. Baru-baru ini awal Januari 2020, di Jorong Tabek, Nagari Koto Baru Simalanggang, Kabupaten Limapuluh  Kota, dengan hasil uang tunai Rp 3 juta dan dua hari terakhir di Jorong Pakan Raba, Nagari Bayu Payung, Kecamatan  Lare Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh  Kota, dengan hasil uang tunai Rp 23 juta.

“Dari pengakuan tersangka, sudah 4 kali aksi dengan total uang korban yang dilarikan sebesar Rp 26 juta lebih,”katanya. Didampingi Wakapolres Kompol Arie, pelaku  menceritakan  sebelum melakukan aksinya, dirinya  terlebih dahulu berputar-putar di pusat keramaian masyarakat untuk mencari target. Penentuan target dilakukan baik secara acak ataupun khusus mentarget masyarakat yang menyimpan barang berharga di dalam jok motornya.

"Webi beroperasi dengan sistem hunting, mengintai target yang menyimpan uang di dalam jok motor, mengikuti targetnya hingga parkir, lalu ikut parkir di samping kendaraan target. Ketika target pergi atau lengah, Webi sambil duduk di atas motor menginjak motor target bersamaan dengan mengangkat jok motor dengan tangan yang ditutupi dengan tas tanpa bantuan alat, lalu mengambil barang berharga yang di simpan di dalam jok motor. Aksi ini dilakukan dalam hitungan detik", pungkas AKBP Dony.

Setelah memperagakan modusnya, Webi mengungkap beberapa jenis motor matic dan beberapa jenis motor lainnya yang dapat dengan mudah dibuka Joknya. Webi juga mengaku  dirinya mempelajari modus tersebut melalui youtube saat dirinya bekerja di Pekanbaru.

Kasat Reskrim AKP Ilham mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan, Webi adalah pelaku tunggal yang melakukan aksinya seorang diri. Ilham juga mengungkap bahwa selain dari barang bukti, pembuktian aksi pelaku dikuatkan dengan 2 rekaman cctv yang didapat dari sekitar tempat kejadian perkara. Kemudian, petugas juga mengamankan 2 unit sepeda motor sebagai barang bukti. Kedua sepeda motor itu, sebelumnya digunakan pelaku selama menjalankan aksi kejahatannya.

"Jok motor bukan tempat yang aman untuk menyimpan barang berharga. Kami himbau kepada masyarakat untuk tidak menyimpan barang berharga di dalam jok motor karena ternyata beberapa jenis motor dapat dibuka dengan mudah oleh pelaku. Bantu kami mensosialiasikan kejadian ini kepada masyarakat. Selain dari informasi rekam jejak pelaku di atas. Bila masih ada yang pernah menjadi korban dengan modus yang sama, berkenan informasikan kepada Polres Payakumbuh,”tegas Kapolres.  (h/ddg)

Reporter : Dadang /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 25 Maret 2020 - 17:04:35 WIB

    Sadis! Jambret di Padang Ini Nyaris Dibakar Massa Usai Beraksi

    Sadis! Jambret di Padang Ini Nyaris Dibakar Massa Usai Beraksi PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Seorang tersangka jambret nyaris dibakar massa karena aksinya ketahuan saat menjambret seorang wanita muda di kawasan Purus, Kecamatan Padang Barat, Selasa (24/3/2020) malam. Beruntung, tersangka b.
  • Selasa, 10 Maret 2020 - 02:07:17 WIB

    KKB Papua Beraksi, Satu Prajurit TNI Tewas Ditembak

    KKB Papua Beraksi, Satu Prajurit TNI Tewas Ditembak PAPUA, HARIANHALUAN.COM - Seorang prajurit TNI AD Sertu La Ongge, salah satu Babinsa Kodim 1710 - 05 Jila tewas di tembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). La Onnge tewas usai menjalani siaga pagi di tempat posnya di Kabupa.
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 19:43:48 WIB

    Ternyata, Dua Begal Sadis di Padang Berpura-pura Jadi Pemulung Ketika Beraksi

    Ternyata, Dua Begal Sadis di Padang Berpura-pura Jadi Pemulung Ketika Beraksi PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dua tersangka pencurian dengan pemberatan atau lebih dikenal begal berhasil diamankan oleh jajaran Satreskrim Polresta Padang. Saat beraksi, dua tersangka ini tidak segan-segan membuat korbannya te.
  • Jumat, 14 Februari 2020 - 17:22:07 WIB

    Pencuri Papan Reklame di Padang Diciduk Polisi Saat Beraksi

    Pencuri Papan Reklame di Padang Diciduk Polisi Saat Beraksi PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Seorang pria diamankan oleh jajaran Reskrim Polsek Padang Barat karena tertangkap tangan saat mengambil papan reklame yang terpajang di depan kantor Telkom Witel Sumbar, Jumat (14/2) siang..
  • Jumat, 18 Oktober 2019 - 17:43:28 WIB

    Sudah 20 Kali Beraksi di Bukittinggi, Ini Dia Spesialis Penjarah Sepeda Motor

    Sudah 20 Kali Beraksi di Bukittinggi,  Ini Dia  Spesialis Penjarah Sepeda Motor BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM-Seorang pelaku spesialis  pencuri sepeda motor berhasil dibekuk Timsus Jatanras Polres Bukittinggi di Jalan Jalur 32 Kampung Cubadak Nagari Lingkungan Aua. Kec. Pasaman, Kab. Pasaman Barat..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM