Buka Festival Bahasa Jepang, Wagub Dorong Siswa Mahir Berbahasa Asing


Ahad, 12 Januari 2020 - 21:48:24 WIB
Buka Festival Bahasa Jepang, Wagub Dorong Siswa Mahir Berbahasa Asing Wagub Sumbar. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menegaskan festival Bahasa Jepang Se-Sumbar perlu rutin dilaksanakan. Tujuannya agar daya inovasi siswa pelajar semakin terasa, dan siswa yang terlibat dalam kegiatan tersebut bisa mendapat beasiswa ke Jepang.

"Sebelumnya saya minta maaf kalau saya tidak menguasai bahasa Jepang, saya berharap siswa setingkat SMA, SMK, MA harus bisa menguasai bahasa asing selain Inggris, kalau bahasa Inggris itu wajib hukumnya, akan tetapi kita juga mesti menguasai bahasa asing, seperti Jepang, Arab, Cina dan lainnya," ucap Nasrul Abit saat membuka Festival Bahasa Jepang Se-Sumbat di SMA Negeri 5 Padang, Minggu (12/1/2020).

Pada kesempatan itu, Nasrul Abit pun berbagi pengalaman sewaktu berada di Jepang. Dia mengajak agar para peserta dan siswa lain agar bisa mengambil pelajaran dari budaya Jepang. Seperti, menghargai waktu dan sangat disiplin dengan aturan.

"Kebetulan, saya juga pernah berkunjung ke Jepang. Banyak yang saya pelajari dari masyarakat di sana. Mereka sangat disiplin dan bekerja sungguh-sungguh serta yang paling utama yaitu menghargai waktu," ungkap Nasrul Abit.

Nasrul Abit berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan kerjasama dengan Jepang.

“Harus ada follow up dari kegiatan ini, karena ini dapat meningkatkan kerjasama kita dengan pemerintah di Jepang. Karena kita sering mengirim tenaga kerja yang tamatan dari SMA, yang sebelumnya diberikan pelatihan dan didik mengunakan bahasa Jepang," sebutnya.

Selain itu, Nasrul Abit berpendapat, melalui lomba dan festival ini juga mengajak para siswa agar lebih intensif belajar Bahasa Jepang. Karena bahasa Jepan merupakan bahasa Internasional yang sering dipakai.

"Jepang adalah negara maju dengan industrinya, jadi kita harus bisa menguasainya. Dengan ada lomba dan festival ini juga mengajak para siswa agar lebih intensif belajar Bahasa Jepang," kata Nasrul Abit.

Wagub Sumbar minta para siswa SMA Sumbar bisa belajar dari Jepang, antara lain memahami semangat belajar dan semangat bekerja orang Jepang. Dimana, mereka sangat berdisiplin, utamanya dalam menghargai waktu.

Acara tersebut juga dihadiri Kepala Sekolah SMA dan perwakilan dari Japan Fondation. Selain lomba pidato juga diadakan kerajinan tangan khas Jepang. Yang menarik dalam acara ini di lapangan SMA Negeri 5 Padang disulap menjadi nuansanya dengan kebudayaan ala Jepan dan juga dihadiri oleh beberapa pelajar dari Jepang dengan menggunakan pakaian Kimono. (h/milna)

 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 10:12:29 WIB

    Duet Mulyadi-Gusmal, Peluang Menang Terbuka Lebar

    Duet Mulyadi-Gusmal, Peluang Menang Terbuka Lebar PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dalam beberapa hari ini, berbagai Grup WhatsApp dan Facebook beredar foto-foto pertemuan tokoh nasional asal Sumbar yang juga Anggota DPR RI Ir. H. Mulyadi dengan Bupati Solok Drs H. Gusmal, MM..
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 16:18:50 WIB

    Pelayanan SIM dan SKCK di Solsel Tetap Buka, Pencegahan Corona Dimaksimalkan

    Pelayanan SIM dan SKCK di Solsel Tetap Buka, Pencegahan Corona Dimaksimalkan SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Sebagai upaya mencegah wabah Covid-19 di sejumlah pelayanan publik Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Solok Selatan (Solsel) dilakukan sterilisasi terhadap petugas dan masyarakat yang beru.
  • Rabu, 18 Maret 2020 - 18:14:18 WIB

    Digelar di Kota Pariaman, Rakerwil I Apeksi 2020 Resmi Dibuka

    Digelar di Kota Pariaman, Rakerwil I Apeksi 2020 Resmi Dibuka PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Rakerwil I Apeksi tahun 2020 yang dilaksanakan di Kota Pariaman, Rabu (18/3) dibuka langsung oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno..
  • Jumat, 13 Maret 2020 - 21:36:07 WIB

    Dinkes Sumbar Buka Posko Penanganan Suspect Corona

    Dinkes Sumbar Buka Posko Penanganan Suspect Corona PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Mulai merebaknya virus Corona di Sumbar membuat Dinas Kesehatan mulai melakukan pemantauan terhadap masyarakat atau orang dalam pantauan (ODP). Teranyar, Dinkes Sumbar sendiri sudah membuat posko S.
  • Senin, 17 Februari 2020 - 18:12:33 WIB

    Musrenbang Batang Kapas Resmi Dibuka

    Musrenbang Batang Kapas Resmi Dibuka PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni membuka musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) di Kacamatan Batang Kapas, Senin (17/2)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM