Anggaran Perjalanan Dinas Dipangkas, Ini Tanggapan Gubernur Sumbar


Senin, 13 Januari 2020 - 16:30:59 WIB
Anggaran Perjalanan Dinas Dipangkas, Ini Tanggapan Gubernur Sumbar Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno tak ambil pusing usai pemangkasan anggaran perjalanan dinas ke luar negeri sebesar 50 persen oleh Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Pasalnya, masih ada sejumlah anggaran yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan Sumbar.

Seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) melalui promosi perdagangan, Dinas Pariwisata untuk promosi pariwisata, serta Dinas Kebudayaan.

"Tidak masalah, jika dirasionalisasi. Perlu diketahui, bahwa perjalanan dinas ke luar negeri itu ada tiga lapis yang harus dilewati. Yakni, Mendagri, Sekneg, dan Menlu, jadi tidak sembarangan pergi saja," jelas Irwan Prayitno kepada awak media, Senin (13/1/2020).

Meski demikian, Irwan Prayitno mengaku belum mengetahui rasionalisasi anggaran perjalanan dinas ke luar negeri yang dilakukan DPMPTSP. Semua kunjungan kerja ke luar negeri tersebut melahirkan kegiatan investasi, mendatangkan investor dan mendatangkan wisatawan ke Sumbar.

"Saya rasa tidak ada rasionalisasi, dari mana informasinya ? Nanti kita cek mana saja yang perlu dirasionalisasi. Kalau DPMPTSP kan investasi," kata Irwan saat ditemui, Senin 13 Januari 2020 di Padang.

Lebih lanjut, kata Irwan, walaupun dirinya melakukan kunjungan ke luar negeri seperti Malaysia tidak menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Namun harus tetap berdasarkan atas izin Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Lantaran, seluruh agenda harus sesuai aturan yang berlaku.

Sementara, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumbar Maswar Dedi mengatakan, anggaran perjalanan dinas ke luar negeri di tahun 2020 dipangkas lebih dari 50 persen.

Jika di tahun 2019 anggaran kunjungan kerja ke luar negeri berjumlah 2 miliar, tahun 2020 ini turun menjadi 500 juta. Penurunan jumlah kunjungan ini karena Pemprov ingin mengejar investasi yang benar-benar pasti saja. (h/milna)

Reporter : Milna /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM