Selama 2019, Kerugian Akibat Bencana di Agam Capai Rp1,8 Miliar 


Senin, 13 Januari 2020 - 17:53:31 WIB
Selama 2019, Kerugian Akibat Bencana di Agam Capai Rp1,8 Miliar  Banjir bandang di Agam beberapa waktu lalu. IST

AGAM, HARIANHALUAN.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, mencatat kerugian bencana pada tahun 2019 mencapai Rp1.89 miliar. Bencana itu tersebar  di 16 kecamatan setiap bulannya.

Jumlah tersebut menurun jika dibandingkan pada 2018 dimana kerugian mencapai Rp3,29 miliar, dengan kejadian bencana sebanyak 187 kasus.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam M Lutfi, Senin (13/1) mengatakan, bencana yang terjadi beragam mulai tanah longsor, banjir, berupa angin kencang, pohon tumbang, kebakaran.

"Ada lebih kurang 164 kejadian bencana alam terjadi di daerah itu dengan kerugian mencapai Rp1,89 miliar selama 2019. Bencana itu merusak rumah warga, jalan dan lainnya," ungkap M Lutfi.

Ia menjelaskan, adapun rinciannya antara lain angin kencang 66 kali dan pohon tumbang enam kali, bencana tanah longsor terjadi 59 kali, banjir 17 kali, kebakaran lahan tiga kali. 

Dikatakannya, untuk meminimalisir dampak bencana pihaknya terus melakukan edukasi maupun sosialisasi kepada masyarakat. Kemudian membentuk kelompok siaga bencana setiap nagari, selain itu melakukan simulasi tsunami, gempa kepada masyarakat 

"Untuk meminimalisir bencana alam, tambahnya, pihaknya melakukan pemangkasan ranting pohon yang berpotensi tumbang dan membuang material tanah yang rawan longsor," katanya. 

Untuk penanganan di lapangan selain BPBD memiliki satgas, kemudian kelompok siaga bencana, yang turun langsung. Selain itu BPBD juga berkoordinasi dengan banyak instansi, termasuk kepolisian. 

"Seperti di kepolisian mereka juga punya tim yang selalu siap siaga untuk turun jika sewaktu-waktu terjadi bencana,  kami terus menjaga koordinasi baik dalam melakukan penanganan maupun pencegahan," jelasnya. (h/yat)

Reporter : Rahmat Hidayat /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM