Berkat Pustaka Keliling, Minat Baca Warga Kota Pariaman Meningkat


Senin, 13 Januari 2020 - 18:11:47 WIB
Berkat Pustaka Keliling, Minat Baca Warga Kota Pariaman Meningkat SALAM P, ketika lagi merapikan buku-buku pada rak buku yang ada pada mobil pustaka keliling Pemko Pariaman yang akan meluncur ke desa/kelurahan yang ada di kota tersebut. TRISNALDI

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Kunjungan pustaka keliling Pemko Pariaman ke desa dan kelurahan di Kota Pariaman berhasil menaikan minat baca masyarakat 30 persen.

"Angka itu berdasarkan data kunjungann dan masyarakat yang meminjam buku ke puska keliling yang mengunjungi desa/kelurahan," kata Kepala bagian Kearsipan dan perpustakaan, Nenmarni menjawab harianhaluan.com, di balaikota Pariaman, Senin (13/1).

 Selama tahun 2018, ada 3.069 buku yang dipinjam masyarakat untuk dibaca dengan jumlah peminjam 1.064 orang.

Tahun 2019, masyarakat yang meminjam sebanyak 1.554 orang dengan total buku yang dipinjam 3.988 eksemplar.

Buku-buku yang banyak dipinjam masyarakat atau warga ketika berkunjung ke desa/kelurahan, buku-buku keterampilan masak memasak atau buku-buku kuliner, dan budidaya tanaman.

Mengunjungi desa/kelurahan yang ada di Kota Pariaman dengan mobil pustaka keliling satu hari dua kelurahan atau desa dengan sekali angkut 5.000 buku.

Sistem peminjaman ke masyarakat hanya sistem catat saja, namun sampai saat ini semua lancar-lancar. Pustaka pernah mendapat tambahan buku sebanyak 5.000 eksemplar dari pusat tahun 2018.

“Pertambahan buku-buku tersebut, memperbanyak buku yang tersedia di perpustakaan,” kata Nenmarni didampingi Kasubag Pengembangan Perpustakaan Pemko Pariaman, Salam P. (h/tri)

loading...
Reporter : Trisnaldi /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]