Disdukcapil Pessel Jemput Bola Pembuatan e-KTP Hingga ke Sekolah


Senin, 13 Januari 2020 - 18:18:58 WIB
Disdukcapil Pessel Jemput Bola Pembuatan e-KTP Hingga ke Sekolah Bupati Hendrajoni didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatam Sipil Pessel, Evafauza Yuliasman tengah menyerahkan e-KTP terhadap para siswa di Kecamatan Lengayang Pessel. M JONI

PESSEL, HARIANHALUAN.COM - Pemkab Pessel, melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) terhadap para siswa berusia 17 tahun langsung di sekolah. Hal tersebut ditandai dengan melakukan penyerahan KTP secara simbolis oleh Bupati Hendrajoni, Senin (13/1).

Bupati Hendrajoni didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Suhendri, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatam Sipil Pemda Pessel  Evafauza Yuliasman, Camat Lengayang, Zoni Eldo, berkesempatan menjadi pembinaa upacara bendera di halaman sekolah tersebut.

Usai upacara, Bupati Hendrajoni, menyerahkan e-KTP secara simbolis kepada empat orang siswa SMAN 2 Lengayang yang telah berusia 17 tahun. Ke-4 siswa tersebut masing-masing Atnes Sapitri, Mei Regina, Beni Afriliardo dan Nefri Jumarni.

Selain itu, bupati juga menyerahkan e-KTP  terhadap siswa SMAN 3 Lengayang yaitu, Volina Aswanti kelas XI IPA satu, siswa ini pada saat penyerahan e-KTP  tersebut, usianya bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-17. Hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi siswa tersebut karena hari ulang tahunnya  dirayakan bersama bupati, kepala dinas  dan para  siswa di sekolah itu.

Menurut Bupati Hendrajoni, pelayanan e-KTP ke sekolah yang  dilakukan Pemkab  Pessel, merupakan bukti nyata pemerintah memiliki komitmen untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat,pelayanan tidak hanya sampai ke pintu rumah tetapi melayani  sampai kesekolah , kata bupati.

Sebelumnya, pelayanan  administrasi kependudukan terpusat di ibu kabupaten, kondisi ini  menyulitkan masyarakat, terutama bagi lokasi mereka jauh dari jangkaan ibu kabupaten,apalagi daerah Pessel yang  memanjang dari utara sampai ke selatan lebih kurang radius 250  kilometer

Untuk memudahkan pelayanan, Bupati Hendrajoni membentuk Unit Kerja Lapangan (UKL) pada setiap  kecamatan, kemudian  menunjuk petugas lapangan  untuk datang langsung ke rumah masyarakat memberikan pelayanan e-KTP dan Kartu keluarga serta administrasi kependudukan lainnya.

Kebijakan yang dilakukan Bupatai H Hendrajoni,  akhirnya Kementerian Dalam Negeri menobatkan Kabupaten Pesisir Selatan, sebagai kabupaten terbaik dalam pelayanan administrasi kependudukan di Indonesia. (h/mjn)

 

Reporter : M Joni /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 15 Maret 2020 - 20:46:13 WIB

    Disdukcapil Pessel Dapat Apresiasi dari DPP IKPS Pusat

    Disdukcapil Pessel Dapat Apresiasi dari DPP IKPS Pusat PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum DPP IKPS Dr Alirman Sori memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Pesisir Selatan, khususnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pesisir Selatan atas keberhasilan dala.
  • Ahad, 05 Januari 2020 - 13:32:41 WIB

    Disdukcapil Pasbar Luncurkan Aplikasi Android

    Disdukcapil Pasbar Luncurkan Aplikasi Android PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat dihari jadi ke 16 telah meluncurkan aplikasi kependudukan berbasis Android (Dukcapil Prima Mobile/DPM). Aplikasi berbasis Android untuk memudahkan masyarakat mengu.
  • Senin, 23 Desember 2019 - 21:12:29 WIB

    Jelang Pilkada 2020, Disdukcapil Solsel Lakukan Pemutakhiran Data Kependudukan

    Jelang Pilkada 2020, Disdukcapil Solsel Lakukan Pemutakhiran Data Kependudukan SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Hadapi Pilkada serentak 2020 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Solsel lakukan pemutakhiran data kependudukan. .
  • Selasa, 30 Juli 2019 - 15:51:45 WIB

    Bagi yang Belum Ber-KTP, Disdukcapil Buka Pelayanan Khusus KTP-e Selama 3 Hari

    Bagi yang Belum Ber-KTP, Disdukcapil Buka Pelayanan Khusus KTP-e Selama 3 Hari LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Barat bersama forum Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/kota se Sumatera Barat menyelenggarakan pekan pendaftaran pen.
  • Senin, 15 Juli 2019 - 15:33:22 WIB

    Disdukcapil Sijunjung Terapkan Sistem Barcode

    SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sijunjung menerapkan barcode Tanda Tangan Elektronik (TTE) dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap masyarakat yang ingin mengur.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM