Wali Nagari Punya Inovasi Tingkatkan Ekonomi Warga


Senin, 13 Januari 2020 - 18:55:17 WIB
Wali Nagari Punya Inovasi Tingkatkan Ekonomi Warga Nagari Anding, Kecamatan Suliki berbenah, tanami bunga di pintu masuk ke Anding. zul

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM.COM — Pemerintahan Nagari Anding, Kecamatan Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota, mempu memanfaatkan dana desa tahun 2019 intuk membangun nagarinya demi kesejahteraan masyarakat.

Diantara pembangunan yang dilaksanakan tersebut, berhasil membangun gedung PAUD yang sudah dapat dimanfaatkan warga untuk menyekolahkan anak anak mereka utamanya warga Anding.

Wali Nagari Anding, Gusfiyaldi dalam keterangannya di Anding, Senin menuturkan, selain membangun gedung PAUD, juga dilaksanakan pembangunan jalan desa/nagari, gapura dan taman serta pembangunan irigasi untuk pengairan sawah penduduk setempat

Lagipula Nagari Anding salah satu nagari penghasil padi terbesar di Limapuluh Kota. Selain itu pembangunan yang dilaksanakan, ulas wali nagari merupakan pembukaan jalan baru dan rabat beton pada tiga ruas jalan. Pada akhir Desember 2019 lalu, seluruh pekerjaan mampu diselesaikan 100 persen. Sehingga infrastruktur itu sudah dimanfaatkan masyarakat.

Untuk meningkatkan pendapatan warga pemerintahan nagari mampu memotivasi sebanyak 130 kepala keluarga untuk berkebun jeruk “Jerman”. Saat sekarang hasil panen jeruk baru 5 ton per minggu dibeberapa hamparan. Masing masing petani memiliki lahan jeruk setengah hectare.

Dikatakan Gusfiyaldi, warga Anding sangat antusias untuk mengembangkan dan bertanam jeruk di lahan mereka yang tersebar pada beberapa jorong. Lagipula harga jeruk mencapai Rp10 ribu per kg ditingkat petani. “Mudah mudahan Anding bakal menjadi penghasil jeruk terbesar suatu saat nanti setelah Koto Tinggi dan Situjuh,” sebutnya.

Untuk kenyamanan dan kebersihan di perbatasan pintu masuk ke Anding dari Nagari Limbanang, , lanjut Gusfiyaldi, sudah dibangun objek wisata lokal, pinggiran jalan ditanami dengan bunga dan lahan sawah ditata dibuat baliho.  (h/zkf)

Reporter : Zulkifli /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]