Harga Karet di Pessel Masih Rendah


Selasa, 14 Januari 2020 - 12:24:07 WIB
Harga Karet di Pessel Masih Rendah Ilustrasi

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Hasil komunitas Karet menuai harga yang tidak setimpal dengan kebutuhan sehari-hari, khususnya Kenagarian Lagan, Kecematan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).
" Harga yang dirasakan oleh petani Karet terkadang tidak menentu ,Sebelumnya Rp 6,500 perkilo ada juga yang 6,000 rupiah perkilonya , hal ini sudah berlangsung selama 3 tahun belakang ", Harga yang dikeluhkan warga setempat Utiah (46) pada  Haluan.com.  .

Berlangsungnya harga Karet yang tidak sesuai buat kebutuhan setiap harinya ,salah seorang petani Karet Sopian (50) menyebutkan , baru - baru ini harga sudah mencapai Rp 7,500 perkilo .ya ,dari harga sebelumnya sudah ada penambahan ."Namun, jika dibanding kan dengan harga ditempat lain jauh beda , misalnya di Kecematan tetangga Ranah Pesisir sudah mencapai Rp 9,000 perkilo ",  Sebutnya .

Lebih lanjut ditambahkan nya , dengan kondisi Cuaca sekarang ini kita susah mengumpulkan Karet karena getah banyak hanyut tersapu air hujan dan tidak terkumpul .Sebab, getah yang menetes tidak langsung keras jadi ,ketika kena hujan langsung Cair ", sehingga  para Petani Karet kejar-kejaran dengan Hujan . 

Dengan kondisi musim hujan sekarang ini petani Karet lebih banyak melamun diruma ,karena batang Karet tidak bisa dipotong jika sudah dibasahi air hujan ,tentu menunggu batangnya sampai kering . 
" Harga Karet yang diterima hanya mampu untuk bertahan kebutuhan setiap hari ,kalau tidak ada kerjaan lain tidak akan mencukupinya ,apalagi buat biaya anak -anak yang masih duduk di bangku pendidikan . Dengan kondisi Cuaca saat ini tentu lebih banyak menganggur ,untuk pekerjaan lain buat sampingan sangat susah ,merata ketergantungan ekonomi hanya memotong Karet ",.ujarnya dengan penuh keluhan . 

Sementara itu Walinagari setempat Arpen mengatakan , Hasil pendapatan masayrakat Lagan bisa dikatakan dari penjual Karet , jauh sebelumnya , harga getah pernah mencapai Rp 1,0000 bhakan berkisar sehingga Rp 15 ,000 perkilonya , jika dibanding kan dengan harga yang diterima saat ini jauh beda , untuk kebutuhan bahan pokok setiap harinya  aja tidak memadai , hal ini dirasakan sudah hitungan tahun lamanya ", padahal hasil komunitas Karet yang dikeluarkan setiap Minggu puluhan ton ,khusunya Nagari Lagan , untuk Daerah Pesisir Selatan bisa dikatakan pengasilan Karet terbanyak di Kecematan Linggo Sari Baganti ", Ucapnya Selasa (14/1) 2020 pada Haluan . 
"Harapan masayrakat Lagan khususnya petani Karet ,Semoga hal ini menjadi sentuhan oleh pemerintah setempat," tutupnya. (e/ Efz)

Reporter : Efrizal /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 08 April 2020 - 21:59:08 WIB

    KPPU Temukan Masalah pada Kenaikan Harga Gula Pasir

    KPPU Temukan Masalah pada Kenaikan Harga Gula Pasir JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengaku tengah mengawasi lonjakan harga gula pasir belakangan ini. Pengawasan dilakukan karena kajian internal mereka menemukan ada masalah yang terjadi dala.
  • Selasa, 07 April 2020 - 08:02:30 WIB

    Harga Minyak Tergelincir usai Pemangkasan Produksi

    Harga Minyak Tergelincir usai Pemangkasan Produksi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Harga minyak mentah dunia melemah pada perdagangan Senin (6/4) usai menguat pekan lalu. Pelemahan dipicu ketidakpastian pemotongan produksi oleh Arab Saudi dan Rusia..
  • Senin, 06 April 2020 - 18:04:38 WIB

    Harga Cabai Anjlok karena Pasar Sepi Pembeli, Petani di Pesisir Selatan Menjerit

    Harga Cabai Anjlok karena Pasar Sepi Pembeli, Petani di Pesisir Selatan Menjerit PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Para petani dan pedagang cabai di Pesisir Selatan mengeluh akibat anjloknya harga cabai keriting di berbagai pasar tradisional di Kabupaten Pesisir Selatan berkisar Rp 15 ribu sampai dengan Rp 18 ri.
  • Sabtu, 04 April 2020 - 18:19:03 WIB

    Harga Emas Naik, Jual Beli di Padang Pariaman Lesu

    Harga Emas Naik, Jual Beli di Padang Pariaman Lesu PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Harga emas murni mengalami kenaikan sejak beberapa waktu yang lalu. Yang sebelumnya RpRp817 ribu/gram, kini menjadi Rp835 ribu/gram..
  • Sabtu, 04 April 2020 - 17:39:10 WIB

    Harga Cabai Merah Turun, Gula Pasir Masih Tinggi di Kota Pariaman

    Harga Cabai Merah Turun, Gula Pasir Masih Tinggi di Kota Pariaman PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Harga gula pasir sejak sepuluh hari terakhir ini melonjak naik. Sebelumnya gula pasir ini harganya Cuma Rp14 ribu perkilogram, kini menanjak menjadi Rp19 ribu/kg..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM