Komisi II DPR akan Tanya OTT Wahyu Setiawan ke KPU


Selasa, 14 Januari 2020 - 13:09:28 WIB
Komisi II DPR akan Tanya OTT Wahyu Setiawan ke KPU Wakil Ketua Komisi II DPR RI Arwani Thomafi menyebut pihaknya akan menggelar rapat dengan KPU, Bawaslu, dan DKPP.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Komisi II DPR RI akan menggelar rapat dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) pada Selasa (14/1).

Salah satu hal yang akan ditanyakan dalam rapat tersebut ialah seputar insiden terjaringnya eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Isu aktual yang tentu akan ditanyakan mengenai peristiwa OTT yang menyeret komisioner KPU Wahyu Setiawan," kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI Arwani Thomafi saat dikonfirmasi lewat pesan singkat, Selasa (14/1).

Dia menerangkan, pihaknya juga akan bertanya seputar mekanisme di internal KPU dalam urusan pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR.

Politikus PPP itu juga berkata bahwa pihaknya ingin tahu langkah-langkah yang akan ditempuh KPU secara konkret agar peristiwa serupa tidak terjadi lagi.

"Kami percaya, selama sistem dibentuk dengan baik, akuntabel dan transparan, ada sistem untuk me-reject praktik suap seperti yang terjadi di Wahyu Setiawan," katanya.

Berangkat dari itu, lanjut Arwani, perbaikan dan pembentukan sistem di internal KPU harus segera dilakukan. Menurutnya, pemangku kepentingan pemilu seperti Bawaslu dan DKPP juga harus aktif.

Dia menambahkan, Komisi II DPR juga akan menanyakan sejumlah isu aktual lain seperti persiapan pelaksanaan pilkada serentak pada bulan September 2020.

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar menjelaskan Wahyu diduga menerima hadiah terkait dengan penetapan anggota DPR terpilih 2019-2024.

Ia diduga meminta uang Rp900 juta untuk membantu politikus PDIP Harun Masiku sebagai pengganti anggota DPR yang meninggal dunia, Nazarudin Kiemas. (h/cnn)

 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 19:36:45 WIB

    Penangguhan Ibadah Umrah, Komisi VIII DPR RI Dukung Keputusan Arab Saudi

    Penangguhan Ibadah Umrah, Komisi VIII DPR RI Dukung Keputusan Arab Saudi PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Baru-baru ini mencuat kabar, Kerajaan Arab Saudi menangguhkan pelaksanaan ibadah umrah jamaah asing untuk mencegah masuknya pengaruh virus Corona. Bahkan, Indonesia adalah salah satu diantara 20 neg.
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 10:40:52 WIB

    Komisi II DPR RI Sorot Kekurangan Blanko e- KTP

    Komisi II DPR RI Sorot Kekurangan Blanko e- KTP JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketersediaan blanko e-KTP menjadi sorotan anggota anggota Komisi II DPR RI. Mendagri diminta menyelesaikan persoalan ini, terlebih jelang Pilkada serentak keberadaan blanko e-KTP menjadi sangat kru.
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 18:28:43 WIB

    Pedagang Pasar Atas Mengadu ke Komisi II DPR RI

    Pedagang Pasar Atas Mengadu ke Komisi II DPR RI JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tak sepakat dengan sistem pengelolaan pasar yang diterapkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi, Inisiator Hak Nagari Agam Tuo bersama perwakilan Pedagang Pasar Atas Bukittinggi mengadu ke Kom.
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 20:49:16 WIB

    Bilang Perempuan Bisa Hamil di Kolam Renang! Komisioner KPAI Ini Akhirnya Minta Maaf

    Bilang Perempuan Bisa Hamil di Kolam Renang!  Komisioner KPAI  Ini Akhirnya Minta Maaf JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Sitti Hikmawatty meminta maaf atas pernyataannya mengenai perempuan bisa hamil saat berenang di kolam bersama laki-laki. .
  • Jumat, 21 Februari 2020 - 17:31:45 WIB

    Komisi VIII DPR RI Dukung Tranformasi Kelembagaan IAIN menjadi UIN

    Komisi VIII DPR RI Dukung Tranformasi Kelembagaan IAIN menjadi UIN JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Komisi VIII DPR RI yang membidangi Agama dan Sosial, menyatakan dukungan penuh terhadap transformasi kelembagaan Institute Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri (UIN)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM