Pasaman Rawan Bencana, 3.000 Personel Gabungan Disiagakan


Selasa, 14 Januari 2020 - 13:49:48 WIB
Pasaman Rawan Bencana, 3.000 Personel Gabungan Disiagakan Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama bersama personel gabungan siaga bencana salam komando. YUDI

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Sebanyak 3.000 personel dari berbagai unsur di Kabupaten Pasaman disiagakan untuk menghadapi bencana alam. Mengingat daerah ini rawan akan bencana banjir, tanah longsor maupun gempa bumi. 

Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama mengatakan, bahwa pihaknya bersama TNI/Polri serta unsur pendukung lainnya dari pemerintahan disiapsiagakan menghadapi bencana di kabupaten itu. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan saat terjadi bencana alam. 

"Ada 3.000 personel yang kita siagakan dalam rangka menghadapi bencana disini. Itu sudah kita sampaikan saat gelar apel besar kesiapsiagaan bencana dan Operasi Aman Nusa II, kemarin," ujar Atos Pratama, kepada harianhaluan.com, Selasa (14/1/2019).

Ribuan personel itu, kata dia, terdiri atas satuan Polres Pasaman, Kodim 0305, TRC BPBD, Satpol PP dan Damkar, Dinas Pangan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Dinas Kesehatan, Tagana Dinas Sosial dan Dinas Perhubungan.

"Personel gabungan ini untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana. Apalagi kondisi cuaca saat ini sedang tidak menentu sehingga perlu ada langkah antisipasi guna menghadapi ancaman bencana alam yang bisa saja terjadi setiap saat," ungkap Atos. 

Wilayah Pasaman, kata dia, sangat rawan terhadap bencana alam. Seperti, tanah longsor, banjir dan gempa bumi sekalipun. Bahkan, baru-baru ini sejumlah kecamatan dan nagari dilanda banjir dan tanah longsor. 

"Kita sama-sama ketahui sekarang curah hujan semakin tinggi. Kita termasuk yang rawan longsor dan banjir, ini dalam rangka menyamankan visi misi dan komunikasi antar unsur dan satuan," katanya.

Atos mengungkapkan, bila bencana terjadi tim gabungan langsung melakukan pergerakan ke lokasi bencana. Mereka akan bergerak melakukan evakuasi dan penanganan lainnya.

"Begitu bencana tiba dapat dilaksanakan dan ditangani secepatnya oleh personel gabungan ini," ujarnya. 

Sementara Wakapolres Pasaman, AKP Ahmad Yani selaku Ketua Tim Siaga Bencana Kabupaten Pasaman mengatakan, diperlukan persiapan  matang untuk menghadapi bencana sekaligus memberikan pertolongan secepat mungkin terhadap para korban dan daerah terdampak bencana.

"Untuk itu perlu mempersiapkan personil dan peralatan yang dibutuhkan, baik dari unsur TNI/Polri juga pemerintah," katanya. (h/yud)

Reporter : YUDI LUBIS /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 April 2020 - 18:35:25 WIB

    Polres Pasaman Musnahkan BB Narkoba Senilai Rp3 Miliar

    Polres Pasaman Musnahkan BB Narkoba Senilai Rp3 Miliar PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Jajaran Kepolisian Resor Pasaman, Sumatera Barat, musnahkan barang bukti (BB) narkoba jenis sabu-sabu mencapai senilai Rp 3 miliar, Rabu (1/4/2020)..
  • Senin, 30 Maret 2020 - 18:37:14 WIB

    Meningkat, Ada 63 Jiwa Masuk ODP Corona di Pasaman

    Meningkat, Ada 63 Jiwa Masuk ODP Corona di Pasaman PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan penambahan data kasus notifikasi orang berdasarkan riwayat perjalanan sebelum memasuki daerah itu mencapai 916 jiwa dari data sebelumnya sebanyak .
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 15:17:30 WIB

    Ratusan Perantau Pulang Kampung, Camat Simpati Pasaman Tetapkan Zona Merah

    Ratusan Perantau Pulang Kampung, Camat Simpati Pasaman Tetapkan Zona Merah PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Camat Simpang Alahan Mati (Simpati), Kabupaten Pasaman, Yuliadwar menetapkan kecamatannya sebagai daerah zona merah, guna mengantisipasi penyebaran virus korona (Covid-19). Penetapan sebagai zona .
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 12:34:07 WIB

    Bupati Pasaman Wajibkan SOPD Siapkan Cairan Antiseptik Pembersih Tangan

    Bupati Pasaman Wajibkan SOPD Siapkan Cairan Antiseptik Pembersih Tangan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mewajibkan seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di daerah itu, untuk menyiapkan fasilitas cuci tangan serta cairan pembersih tangan steril. Dia mengatakan,.
  • Senin, 23 Maret 2020 - 16:48:26 WIB

    Satlantas Polres Pasaman Gencarkan Edukasi Cegah Corona

    Satlantas Polres Pasaman Gencarkan Edukasi Cegah Corona PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Jajaran Satuan Lalulintas (Satlantas) Kepolisian Resor ( Polres ) Pasaman, gencarkan kegiatan edukasi kepada masyarakat terkait upaya cegah meluasnya penyebaran virus corona di wilayah hukum polre.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM