Sejak 2011 didapat 27 Kasus HIV di Sawahlunto dengan 16 Kematian


Selasa, 14 Januari 2020 - 16:30:16 WIB
Sejak 2011 didapat 27 Kasus HIV di Sawahlunto dengan 16 Kematian Ilustrasi

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Sejak 2011 di Sawahlunto tercatat 27 kasus penyandang Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) dengan 16 kematian. Saat ini masih ada 11 ODHA di Sawahlunto

Kepala Bidang Kesmas P2P Dinas Kesehatan Kota Sawahlunto, dr. Alansari menyebutkan, saat ini masih ada 11 kasus yang bisa dikata tidak bernasib baik, tang kesemuanya tengah menunggu kematian dan stigma negatif masyarakat.

"Ke - 11 kasus tersebut terdiri dari, 6 wanita dan pria dewasa serta anak anak dengan 5 kasus," katanya Selasa (14/1).

Pihaknya sebut Alansari, terus melakukan pemantauan ODHA, agar kasus ini tidak terus bertambah ataupun menyebar luas. Mereka lanjutnya, terus melakukan pengobatan dan pendampingan konselor seumur hidup mereka, akan tetapi Sawahlunto tidak memiliki sarana yang memadai.

"Untuk pemeriksaan baru ada untuk ibu ibu hamil, dan itupun karena adanya dana atau program pusat. Untuk dana dan sarana daerah kita belum memiliki," katanya.

 

Lebih jauh diungkapkannya, mata rantai penyebarannya harus ditelusuri dengan jelas, kemana penularannya. Kemudian lanjutnya, harus dikejar orang yang pernah kontak dengan si penderita dan harus dilakukan pemeriksaan secara detail. Biasanya lanjut Alansari, penyebaran HIV/AIDS biasanya terjadi melalui kontak hubungan seks bebas, melalui pemakaian jarum suntik yang telah terindikasi virus tersebut.

"Kita berencana akan membuka klinik Voluntary Conselling and Testing (VCT) arau bisa diartikan sebagai konseling dan tes HIV sukarela. Tujuannya untuk membantu pencegahan, perawatan dan pengobatan bagi penderita HIV/AIDS," tuturnya.(h/rki)

 

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM