Siap Maju di Pilgub Sumbar 2020, Ini yang Akan Jadi Prioritas Nasrul Abit


Selasa, 14 Januari 2020 - 17:43:32 WIB
Siap Maju di Pilgub Sumbar 2020, Ini yang Akan Jadi Prioritas Nasrul Abit Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Geliat Pilkada sudah mulai terasa di Sumbar. Sejumlah nama pun telah menyatakan siap maju di Pilgub Sumbar 2020. Salah satunya, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. Dia tampaknya tak main-ain untuk maju. Lantaran, dirinya sudah mempersiapkan 3 poin penting yang akan menjadi prioritasnya.

Mantan Bupati Pesisir Selatan dua periode ini berpendapat, dalam memajukan pembangunan Sumbar ke depan masukan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan. Seluruh sektor perlu lebih dimaksimalkan pengembangannya. Untuk menjadikan Sumbar yang unggul dengan tiga kerangka visi misi pendek untuk lima tahun ke depan.

"Pelayanan publik yang prima harus dirasakan masyarakat. Artinya masyarakat jangan lagi merasa dipersulit. Pemerintah harus jadi pelayan masyarakat. Mari sama-sama kita mendekatkan diri dengan masyarakat," kata Nasrul Abit saat ditemui awak media, Selasa (14/1/2020).

Nasrul Abit menyebutkan, sesuai dengan Undang-undang Nomor 23 tahun 2004 provinsi kewengannya hanya pengelolaan SMA/SMK. Dalam penyelenggara pendidikan tentu tidak bisa terpaku pada kewenangan namun harus 'kroyok' bersama agar kualitas pendidikan tetap terjaga. Begitu juga kehutanan, pertambangan dan perikanan.

"Dari 37 kewenangan daerah, hanya 4 berada di pemerintah provinsi, sinkronisasi program dengan kabupaten/kota dibutuhkan, karena yang banyak itu kewenangannya berada di daerah," sebut Nasrul Abit.

Berkaca dari kondisi ini, kata Nasrul Abit, dalam upaya memajukan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat perlu berkalaborasi dengan kabupaten/kota dan mendapatkan dukungan pemerintah pusat. Sehingga nantinya pembangunan yang dilakukan tetap tertuju pada daerah yang terilosir.

"Prioritas pertama adalah peningkatan pembangunan infrastrukturnya, air bersih, jembatan, jalan, perumahan, irigasi, dan lainnya di nagari yang masih tertinggal. Ini perlu mendapatkan perhatian kedepan yang menuju sentral ekonomi masyarakat," kata Nasrul Abit.

Selain itu, Sumbar juga memiliki potensi luar biasa lainnya dari sumber daya alam mulai dari sektor pertanian dan perkebunan, serta pariwisata. Maka dari itu, kelancaran akses transportasi sangat menentukan dalam memajukan daerah yang masih sangat miskin, miskin, dan hampir miskin.

"Untuk daerah yang tertinggal dilakukan percepatannya dengan memberikan bantuan keuangan khusus. Dalam menggerakan ekonomi Sumbar yang 90 persen berasal UMKM, potensi yang ada perlu dimaksimalkan, diharapkan peran generasi muda atau kaum millineal dalam melakukan pengolahan sehingga sesuai dengan kebutuhan pasar," ungkap Nasrul Abit.

Apalagi saat ini ekonomi Sumbar sangat bertumpu pada hasil pertanian, perkebunan dan kehutanan dan pariwisata. Ironinya harga sawit dan karet selalu dipermainkan. Ini perly juga mendapatkan perhatian khusus, sehingga kedepan diupayakan ada industri hilir dengan menggarap potensi yang ada untuk layak ekspor.

Sementara dalam mengembangan bidang sosial kemasyarakatan, pendidikan, kesehatan, kebudayaan di Sumbar perlu dilibatkan peranan tunggu tigo sajarangan. Sehingga langkah percepatan pembangunan yang dilaksanakan tersebut benar-benar dirasakan masyarakat.

"Meskipun kewenangan pendidikan hanya untuk SMA/SMK di provinsi, tapi tentu mulai tingkat dasar yang kewenangannya di kabupaten/kota perlu dilakukan pengawalannya secara bersama. Lulusan SMK mesti menguasai bahasa asing, keberadaan BLK dapat dimamfaatkan untuk menyiapkan tenaga kerja yang terampil dan punya sertifikat keahlian," ulas Nasrul Abit.

Bidang kesehatan, Nasrul Abit menuturkan, pendataan masyarakat miskin yang belum tertampung dengan jaminan kesehatan nasional BPJS juga perlu mendapatkan perhatian ke depannya. Begitu juga menyikapi sarana dan prasana serta tenaga kesehatan yang ada di rumah sakit di daerah dalam menampung pasien rujukan yang saat ini menumpuk di RSUP M Djamil Padang.

"Pelayanan kesehatan yang berjenjang dengan penyuluhan dan pemantauan dapat mengurangi resiko penyakit. Dengan pembenahan yang dilakukan, tentu puskesmas dapat menampung pelayanan dasar dengan baik," beber Nasrul Abit.

Di bidang pelayanan publik, peningkatan kemampuan dan kapasitas ASN juga perlu mendapatkan perhatian untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima diterima masyarakat.

Lebih lanjut, Nasrul Abit menyampaikan peran pelabuhan juga sangat penting dalam mendukung geliat perekonomian. Saat ini pemerintah ingin mengembangkan poros maritim yang ditunjukkan dengan upaya menyediakan infrastruktur dan fasilitas pelabuhan yang mumpuni disertai kualitas sumber daya manusia (SDM) yang kompeten.

"Kita di Sumbar ada pelabuhan yang bisa dimanfaatkan dalam menggerakan perekonomian dengan menghadirkan perusahan pengolahan sawit. Nantinya hasilnya bisa diekspor melalui pelabuhan Bungus ataupun Teluk Bayur di Kota Padang dan Teluk Tapang di Pasaman Barat," imbuh Nasrul Abit.

Sementara untuk, Kabupaten Mentawai yang masih berstatus tertinggal dengan percepatan pembangunan jalan Trans Mentawai dan akan diperlebarnya Bandar Udara Rokot di Sipora yang nantinya berskala internasional, dapat mendorong kemajuan di daerah tersebut.

"Dengan lancarnya akses transportasi di Mentawai, tentunya sektor lainnya secara tidak langsung akan berdampak terhadap kemajuan pembangunan yang terjadi. Sehingga Mentawai bisa dikeluarkan dari status tertinggal," pungkasnya. (h/mil)

Reporter : Milna /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 April 2020 - 14:32:22 WIB

    Insentif Petugas Medis Penanganan Wabah Corona di Solsel Sedang Disiapkan

    Insentif Petugas Medis Penanganan Wabah Corona di Solsel Sedang Disiapkan PADANG ARO, HARIANHALUAN.COM - Mengingatnya masih banyaknya arus lalu lintas orang, tenaga medis yang ditugaskan di pos perbatasan Ulu Suliti, diinstruksikan Plt. Bupati Solok Selatan Abdul Rahman untuk ditambah..
  • Senin, 30 Maret 2020 - 21:34:01 WIB

    Siapkan Puluhan Ribu APD, Mulyadi Komitmen Bantu Para Tenaga Medis

    Siapkan Puluhan Ribu APD, Mulyadi Komitmen Bantu Para Tenaga Medis PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Demokrat Mulyadi tengah menyiapkan puluhan ribu Alat Pelindung Diri (APD) dan hand sanitizer untuk dibagikan kepada tenaga medis dan masyarakat. Baginya hal ini men.
  • Senin, 30 Maret 2020 - 17:25:03 WIB

    Berikan Dampak Positif, SEML Bersiap Memasuki Produksi Tahap Dua

    Berikan Dampak Positif, SEML Bersiap Memasuki Produksi Tahap Dua SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Keberadaan PT Supreme Energy Muara Laboh (SEML) di Pekonina Solok Selatan (Solsel) telah memberikan dampak positif terhadap daerah itu. Sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan dan jadi.
  • Senin, 30 Maret 2020 - 06:07:32 WIB

    Antisipasi Sebaran Corona, Sumbar Siapkan Ratusan Ruang Isolasi

    Antisipasi Sebaran Corona, Sumbar Siapkan Ratusan Ruang Isolasi PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemprov Sumbar tengah mempersiapkan ratusan lebih ruangan isolasi dalam rangka mengantisipasi kemungkinan terburuk penyebaran virus Corona atau Covid-19 di provinsi itu. Sedikit ada empat lokasi ru.
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 11:39:03 WIB

    Penanganan Covid-19, Pemko Sawahlunto Siapkan Anggaran Rp9 M

    Penanganan Covid-19, Pemko Sawahlunto Siapkan Anggaran Rp9 M SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Anggaran sebesar Rp9 miliar lebih disiapkan oleh Pemko Sawahlunto untuk penanganan Coronavirus atau virus Covid - 19. Saat ini sudah dicairkan sebesar Rp473 juta untuk pembelian alat pelindung d.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM