Maju Pilgub Sumbar, Syamsu Rahim Daftar ke Gerindra


Selasa, 14 Januari 2020 - 19:59:47 WIB
Maju Pilgub Sumbar, Syamsu Rahim Daftar ke Gerindra Syamsu Rahim

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Mantan Bupati Kabupaten Solok, Syamsu Rahim mendaftar ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sumbar untuk mencalonkan diri sebagai calon Wakil Gubernur Sumbar dalam pilgub 2020 nanti.

Melalui partai peraih kursi terbanyak di DPRD Sumbar ini, yakni 14 kursi, Syamsu Rahim optimistis bakal diusung dengan posisi sebagai wakil gubernur.

"Saya berharap melalui Gerindra Sumbar ini, bakal diusung sebagai bakal calon wakil gubernur," ujar Syamsu Rahim usai mendaftar ke DPD Partai Gerindra Sumbar, Selasa siang (14/1).

Kedatangan Syamsu Rahim bersama rombongan disambut langsung ketua tim penjaring bakal calon (balon) gubernur dan wakil gubernur DPD Gerindra Sumbar Syafruddin Putra Dt Sanggono dan timnya di kantor DPD Gerindra Sumbar.

Syamsu Rahim menyebut ada beberapa alasan dia ikut mencalon. Alasannya antara lain, karena melihat potensi yang dimiliki Sumbar. Terlebih menyangkut potensi adat istiadatnya (kultur).

Alasan berikutnya, yakni soal konstalasi politik Sumbar jelang pilkada, dimana banyak dari kandidat yang muncul lebih memilih posisi untuk gubernur, ketimbang wakil gubernur.

Syamsu Rahim mengakui sudah menjalin komunikasi dengan sejumlah calon gubernur lain untuk bersanding maju di Pilkada 2020 nanti.

Terkait siapakah calon yang bakal menemani ia di Pilgub 2020 mendatang, Syamsu mengatakan bahwa ia tentu akan memilih rekan yang akan menang di Pilgub. 

Ketua tim penjaring DPD Gerindra Sumbar Syafruddin Putra Dt Sangono menyebut, suatu kehormatan bagi Gerindra dengan mendaftarnya Syamsu Rahim sebagai calon wakil gubernur.

"Walau banyak partai yang punya kesempatan dalam bersaing pada pilgub Sumbar, Namun yang jelas saat ini Syamsu rahim mempercayakan partai Gerindra sebagai kendaraan politiknya," kata Syafruddin.

Dirinya menyampaikan meski Gerindra Sumbar bisa usung sendiri pasangan calon karena perolehan kursi DPRD Sumbar mencapai 14 kursi sementara syarat partai atau gabungan partai untuk mengusung satu pasang calon sebanyak 13 kursi DPRD, namun dirinya berpendapat sebuah partai tentu tidak akan terlihat besar bila bisa lakukan komunikasi dengan partai lain.

Maka dari itu, Syafruddin meminta kepada Syamsu Rahim agar bisa mengajak partai lain membangun koalisi dengan Gerindra dalam pilgub Sumbar 2020 ini. Ia menambahkan, ada beberapa tinjauan yang dilakukan Gerindra dalam menentukan kandidat untuk pilgub ini.

"Aspek pertama, kami akan lihat kompetensi kandidat. Walau dia pintar dan cerdas namun segi kesehatannya bagaimana? Karena performan kandidat sangat menentukan buat kami ke depan," tukas Syafruddin. (h/len)


Reporter : Leni Marlina /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM