Mudahkan Masyarakat Terisolir, Wagub Dorong Puskesmas Siapkan Dokter Spesialis


Selasa, 14 Januari 2020 - 22:15:19 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mendorong standar pelayanan di puskesmas agar setara dengan standar pelayanan di rumah sakit-rumah sakit besar, seperti menugaskan dokter spesialis. Dengan demikian, masyarakat tidak akan ragu berobat di puskesmas, apalagi yang tinggal di daerah yang sangat jauh dari jangkauan rumah sakit.

"Kualitas pelayanan di puskesmas perlu diperhatikan. Jadi tidak perlu berobat ke rumah sakit cukup selesai di puskesmas. Kita mencegah agar mereka tidak sakit. Daripada nanti biaya habis banyak di RS. Puskesmas sudah ada dokter spesialis yang mana masyarakat sangat membutuhkan pelayanan," kata Nasrul Abit, Selasa (14/1/2020).

Sementara untuk hari kunjungan dokter spesialis ada di puskesmas terdekat, kata Nasrul Abit, dapat dilakukan pada hari-hari saat masyarakat ramai. Mereka bisa datang saat hari pasar-pasar tradisional. Tentu masyarakat sangat ramai dan pastinya sudah terjadwal sehingga memudahkan masyarakat yang hendak berobat.

Lebih lanjut, Ketua Dewan Penasehat DPD Gerindra Sumbar itu mengatakan, saat ini pelayanan kesehatan menjadi hal terpenting yang dibutuhkan masyarakat. Apalagi mereka yang berada di daerah yang sangat jauh jangkauan dari rumah sakit. Namun, perlu penanganan spesialis.

"Perbaikan sistem pelayanan kesehatan ini merupakan hal terpenting terutama mereka yang membutuhkan dokter spesialis. Namun, jangkauan daerahnya sangat jauh dari rumah sakit dan hanya ada puskesmas. Maka, untuk itu kedepan perlu perbaikan pelayanan kesehatan, sehingga ini menjadi salah satu program penting kita kedepannya," ujar Nasrul Abit.

Nasrul Abit menambahkan, meskipun saat ini Pemprov Sumbar telah melakukan hal itu dengan menjemput bola ke daerah-daerah dengan mendatangkan langsung dokter spesialis namun itu dirasa belum cukup.

"Kita telah programkan dengan mendatangkan dokter spesialis ke daerah yang jarak rumah sakit dari rumah masyarakat sangat jauh. Meskipun program itu disambut baik masyarakat namun dirasa belum cukup dengan cara itu saja," ulas Nasrul Abit.

Oleh karena itu kedepannya perlu sistem lain selain mendatangkan dokter spesial ke daerah tersebut, yakni dengan adanya dokter spesialis yang menetap di puskesmas terdekat dari masyarakat.

"Jadi dokter spesialis yang ada dirumah sakit kabupaten atau kota tidak lagi menunggu pasien, namun kini mesti ada di puskesmas untuk memberikan pelayanan ke masyarakat, sehingga tidak masyarakat dapat tertanggani dengan cepat tanpa nunggu rujukan ke rumah sakit,"tuturnya. (h/milna)

Reporter : Milna /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]