Orang Kaya Tak Bisa Lagi Beli Elpiji 3 Kg


Rabu, 15 Januari 2020 - 08:50:24 WIB
Orang Kaya Tak Bisa Lagi Beli Elpiji 3 Kg Ilustrasi

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan penyaluran subsidi Elpiji 3 kilogram (kg) lebih tepat sasaran di awal semester II-2020 atau sekitar Juli. 

Penyaluran subsidi Elpiji 3 kg tidak diberikan pada komoditasnya lagi per tabung melainkan ke penerima, yaitu masyarakat kurang mampu.

Hal ini dilakukan demi menekan subsidi. Pasalnya saat ini Elpiji 3 kg dijual bebas dan bisa dibeli siapa saja termasuk mereka yang mampu secara ekonomi. Elpiji 3 kg juga akan tetap dijual namun disesuaikan dengan harga pasar.

Masyarakat yang berhak menerima subsidi pun membeli dengan harga yang sama. Hanya saja mereka diberikan subsidi saat pembelian menggunakan barcode.

Saat ini, Kementerian ESDM tengah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). Koordinasi yang dilakukan termasuk cara penyaluran subsidi yang menyasar penerima manfaat.

"Kita sedang rumuskan bagaimana kebijakannya mekanismenya dan teknologi sehingga bisa lebih tepat sasaran," tutur Plt Dirjen Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto di kantornya, Jakarta Selatan, Selasa (14/1/2020).

Djoko menambahkan, kebijakan ini ditargetkan berlaku di pertengahan 2020 dan diharapkan bisa menyasar penerima manfaat lebih banyak lagi.

"Enam bulan ke depan kerjakan itu dan mudah-mudahan awal semester II-2020 distribusi Elpiji tepat sasaran langsung kepada penerima yang berhak Insyaallah saving akan semakin besar," ujarnya.

Metode penyaluran subsidi Elpiji 3 kg yang menyasar masyarakat kurang mampu dimungkinkan dengan menggunakan sistem barcode. Data pembeli Elpiji 3 kg terekam dalam data yang terhubung dengan bank.

"Mungkin Pertamina pakai QR code barcode ditempel, nanti yang beli itu terekam di bank. Misalnya dia beli 3 tabung subsidi Rp 100.000, bank transfer ke nomor ini, nanti bisa dicek rata-rata kebutuhan orang miskin 3 tabung. Kalau beli lebih dari 3 bisa dilihat mana yang berhak mana yang nggak," tambahnya.(8)

 Sumber : detik /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 20 Februari 2020 - 13:18:21 WIB

    DPR Heran! Ada BUMN Berkaryawan 7 Orang Dimodali Rp3 Triliun

    DPR Heran! Ada BUMN Berkaryawan 7 Orang Dimodali Rp3 Triliun NASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi VI Sonny Danaparmita menyoroti permasalahan PT PANN Multi Finance (Persero)..
  • Rabu, 15 Januari 2020 - 15:41:50 WIB

    Jumlah Orang Miskin di Indonesia Sebanyak 24,79 Juta Jiwa

    Jumlah Orang Miskin di Indonesia Sebanyak 24,79 Juta Jiwa NASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah orang miskin di Indonesia pada September 2019 sebanyak 24,79 juta orang. Jumlah itu turun tipis 0,19 persen dibanding jumlah orang miskin pada Maret 20.
  • Rabu, 08 Januari 2020 - 16:11:31 WIB

    Matahari Mulai Ditinggalkan Orang RI, Ini Sebabnya...

    Matahari Mulai Ditinggalkan Orang RI, Ini Sebabnya... JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Berdasarkan catatan Colliers International di Indonesia, pada kuartal Iv-2019, keseluruhan tingkat okupansi atau keterisian ritel di Jakarta mengalami penurunan hingga 3,9% atau hanya terisi sekita.
  • Jumat, 03 Januari 2020 - 08:18:40 WIB

    Orang Terkaya Dunia Kehilangan Harta Rp 140 T

    Orang Terkaya Dunia Kehilangan Harta Rp 140 T JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pendiri perusahaan e-commerce Amazon, Jeff Bezos, kehilangan harta sekitar US$ 10 miliar atau Rp 140 triliun (kurs Rp 14 ribu) dalam satu tahun. Namun begitu, orang terkaya di dunia tahun 2019 masi.
  • Sabtu, 07 Desember 2019 - 15:33:09 WIB

    Pak Jokowi, Begini Curhat Orang Paling Tajir RI Soal Ekonomi

    Pak Jokowi, Begini Curhat Orang Paling Tajir RI Soal Ekonomi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Majalah Forbes kembali menobatkan Hartono bersaudara sebagai orang terkaya di Indonesia per Desember 2019. Duo bersaudara itu ditaksir Forbes memiliki kekayaan sekitar US$ 37,3 miliar atau sekitar .

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM