Tiga Kecamatan di Limapuluh Kota Terendam Banjir


Rabu, 15 Januari 2020 - 11:01:04 WIB
Tiga Kecamatan di Limapuluh Kota Terendam Banjir Ilustrasi

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatra Barat Erman Rahman mengatakan bencana banjir melanda tiga kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota. Ini terjadi akibat hujan deras dengan intensitas tinggi pada Selasa (14/1).

Erman menyebut hujan deras telah mengguyur Lima Puluh Kota bahkan sejak Senin (13/1) malam WIB kemarin. "Akibat intensitas hujan yang tinggi tanggal pukul 20.00 WIB 13 Januari - pukul 08.30 WIB 14 Januari 2020 telah terjadi beberapa kejadian di Kabupaten Lima Puluh Kota," kata Erman, melalui pesan tertulis.

Erman menyebutkan banjir melanda Kecamatan Pangkalan Koto Baru tepatnya di Nagari Pankalan karena meluapnya Sungai Batang Kasok, Sungai Batang Maek dan Sungai Batang Manggilang. Kemudian banjir melanda Kecamatan Mungka.

Di Kecamatan Mungka ini, banjir melanda Nagaru Simpang Kapuak yang disebabkan meluapnya Sungai Batang Silaok. Akibatnya jalan kabupaten di Kubang Balambah. Jalan ini merupakan penghubung antara Jorong SImpang Gaduang dengan Jorong Labuang Tunggang di Nagari Simpang Kapuak. Selain itu menurut Erman, meluapnya Sungai Batang Kapuak menyebabkan areal pertanian dan satu unit rumah terendam karena ketinggian air mencapai 30 senti meter.

Kemudian banjir melanda Kecamatan Guguak, tepatnya di Nagari Sei Talang di mana air merusak saluran irigasi persawahan. Satu lagi banjir melanda Kecamatan Arau akibat meluapnya Sungai Batang Sanipan.

Di Arau ini, banjir merendam 18 unit rumah warga yang berdampak pada 19 kepala keluarga (KK) yang beranggotakan 81 jiwa.

"BPBD Kabupaten Lima Puluh Kota telah mendata dan melakukan cheking wilayah terdampak, serta berkoordinasi dengan OPD terkait seperti PUPR, DINSOS dan Dinas Pertanian," ujar Erman.(*)

 Sumber : Republika /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM