Tegas..! Mentan Minta Polisi Tangkap Pelaku Alih Fungsi Lahan Pertanian


Rabu, 15 Januari 2020 - 11:27:59 WIB
Tegas..! Mentan Minta Polisi Tangkap Pelaku Alih Fungsi Lahan Pertanian Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL). Ist

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Peningkatan produksi komoditas dan bertambahnya luas tambah tanam (LTT) merupakan misi pertanian yang disasar provinsi Kalimantan Barat.

Oleh sebab itu, Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) meminta kepolisian agar menindak pelaku alih fungsi lahan pertanian.

Syahrul Yasin Limpo menyebutkan, akibat ulah alih fungsi lahan pertanian mengakibatkan kerugian produksi dan bencana seperti banjir yang merendam sebanyak 10 ribu hektare sawah.

"Perhatian pemerintah terkait hal ini dengan telah menerbitkan regulasi Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2019 tentang Pengendalian Alih Fungsi Lahan Sawah," kata Syahrul Yasin Limpo, dikutip dari laman resmi Kementan, Rabu (15/1/2020).

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyatakan, menjaga keberlanjutan lahan pertanian, bahkan jika mampu menambah areal lagi, merupakan program penting.

"Kalimantan Barat saat ini ingin memamerkan kekayaan produksi komoditas pertaniannya yang bisa memasok kebutuhan nasional. Kalau lahannya dialih fungsikan, cita-cita itu sulit dicapai," ujar Sutarmidji.

Sutarmidji mengungkapkan, dirinya selalu mengingatkan jajarannya agar tak 'bermain-main' dengan kepentingan pelaku alih fungsi lahan pertanian.

"Saya terapkan sanksi tegas kepada yang tidak mematuhi ketentuan alih fungsi lahan. Kebutuhan pangan adalah utama, jangan sampai digerus akibat alih fungsi lahan pertanian," ucap Sutarmidji.

Lainnya, Sutarmidji mengapresiasi kebijakan pemerintah pusat yang juga tegas menjaga tidak terjadinya alih fungsi lahan pertanian melalui regulasi telah ada. (*)

 Sumber : Kementan /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 12 Februari 2020 - 16:01:11 WIB

    Tegas..! Pemerintah Bakal Tangkap WNI Eks ISIS Menyusup ke Indonesia

    Tegas..! Pemerintah Bakal Tangkap WNI Eks ISIS Menyusup ke Indonesia JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah bakal mengantisipasi WNI eks ISIS yang menyusup pulang ke Indonesia melalui 'jalur tikus' di wilayah perbatasan. Hal itu lepas dari keputusan pemerintah yang tak akan memulangkan 689 .
  • Jumat, 07 Februari 2020 - 13:34:07 WIB

    Tegas..! WNI Bekas ISIS Ditolak di Indonesia

    Tegas..! WNI Bekas ISIS Ditolak di Indonesia KUPANG, HARIANHALUAN.COM -- Ahli hukum administrasi negara (HAN) dari Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, NTT, Johanes Tuba Helan, mengatakan, anggota Islamic State Irak and Syria (ISIS) yang berasal dari Indonesia, sud.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM