Susu Sapi Murni Baik untuk Mencegah Obesitas pada Anak


Rabu, 15 Januari 2020 - 13:35:26 WIB
Susu Sapi Murni Baik untuk Mencegah Obesitas pada Anak ilustrasi susu sapi murni

HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Susu sapi murni mungkin dapat lebih menyehatkan untuk anak-anak ketimbang susu rendah lemak. Sebab tinjauan sistematis dari Rumah Sakit Kesehatan Kesatuan St. Michael Toronto di Kanada memperlihatkan demikian.

Penelitian yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition ini menganalisis 28 studi dari tujuh negara. Mengeksplorasi hubungan antara anak-anak yang minum susu sapi dengan risiko kelebihan berat badan atau obesitas.

Disebutkan bahwa anak-anak yang minum susu murni memiliki peluang 40 persen lebih rendah untuk kelebihan berat badan atau obesitas, dibandingkan dengan anak-anak yang minum susu rendah lemak.

Tak satu pun dari studi yang melibatkan total hampir 21.000 anak-anak antara usia satu hingga 18 tahun tersebut menunjukkan mereka yang minum susu rendah lemak memiliki risiko obesitas lebih rendah.

Sebaliknya, 18 dari total 28 studi menunjukkan anak-anak yang minum susu murni, cenderung lebih rendah mengalami obesitas. Temuan ini menantang pedoman Kanada dan internasional yang merekomendasikan anak-anak minum susu sapi rendah lemak daripada susu murni mulai dari usia dua tahun untuk mengurangi risiko obesitas.

"Mayoritas anak-anak di Kanada dan Amerika Serikat mengonsumsi susu sapi setiap hari dan itu adalah penyumbang utama lemak makanan bagi banyak anak," kata dr. Jonathon Maguire, penulis utama tinjauan, dikutip dari Medical Express.

"Dalam ulasan kami, anak-anak yang mengikuti rekomendasi saat ini untuk beralih ke susu rendah lemak pada usia dua tahun tidak lebih ramping daripada mereka yang mengonsumsi susu murni," tulisnya.

Maguire, yang juga seorang ilmuwan di Pusat Solusi Kesehatan Perkotaan MAP, berharap nantinya ada studi lebih lanjut untuk menemukan hubungan sebab-akibat antara susu full cream dan penurunan risiko obesitas. (*)

 Sumber : HiMedik /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 15 Maret 2020 - 20:02:04 WIB

    Penasaran? Ini Dia Susu Terbaik di Masa Depan

    Penasaran? Ini Dia Susu Terbaik di Masa Depan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Susu apa yang paling ada suka? Dari jenis susu sapi, kambing, susu kuda liar, sampai susu kedelai semuanya bisa dengan mudah didapatkan. Namun salah satu jenis susu yang bakal menjadi favorit vegan.
  • Sabtu, 29 Februari 2020 - 01:09:04 WIB

    Minum Susu Tiap Hari Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

    Minum Susu Tiap Hari Tingkatkan Risiko Kanker Payudara JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Susu dianggap sebagai salah satu sumber protein, kalsium, vitamin, dan mineralnya yang penting bagi tubuh. Tapi minuman ini ternyata juga membawa risiko bagi kesehatan. Sebuah studi menunjukkan bah.
  • Sabtu, 28 Desember 2019 - 14:37:06 WIB

    Susu Kental Manis Boleh Dikonsumsi Anak, Asal...

    Susu Kental Manis Boleh Dikonsumsi Anak, Asal... KESEHATAN, HARIANHALUAN.COM - Kandungan gula yang tinggi pada susu kental manis (SKM) memang berbahaya bila dikonsumsi secara berlebihan, terutama pada anak. Meski begitu, anak-anak tetap diperbolehkan mengonsumsi SKM, tetapi.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM