Maret 2020, 24 Nagari di Pasaman Helat Pilwana Serentak


Rabu, 15 Januari 2020 - 13:54:23 WIB
Maret 2020, 24 Nagari di Pasaman Helat Pilwana Serentak Kasi Administrasi Pemerintahan Nagari, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Muhas saat menggelar Bimtek di Nagari Muarotasi, Mapattunggul.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 24 nagari di Kabupaten Pasaman bakal menyelenggarakan pemilihan walinagari (Pilwana) serentak. Menurut jadwal pelaksanaan pilwana ini akan dihelat pada 29 Maret 2020 nanti. Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Kabupaten Pasaman, Hasiholan Hutagalung, pemilihan walinagari serentak di Pasaman akan digelar di sepuluh kecamatan dari total 12 kecamatan. 

"Pilwana ini akan melahirkan pemimpin nagari yang berkualitas untuk kemajuan masyarakat nagari ke depan," ujar Hasiholan melalui Kasi Administrasi Pemerintahan Nagari, Muhas, Rabu (15/1).

Adapun 24 nagari yang akan melaksanakan Pilwana itu, diantaranya, Nagari Simpang, Alahan Mati, Koto Kaciak, Limo Koto, Ganggo Hilia, Ganggo Mudiak, Jambak, Muaro Seilolo, Muarotais, Padang Mantinggi, Binjai, Ladang Panjang. Berikutnya, Nagari Malampah, Silayang, Langung, Lubuk Layang, Lubuk Godang, Lansekkadok, Aia Manggih, Durian Tinggi, Pauah, Koto Rajo, Durian Tinggi, Cubadak dan Simpang Tonang.  

"Ada 24 nagari. Salah satu nagari, yakni Simpang Tonang di Duokoto juga ikut menggelar Pilwana serentak besok. Karena Walinagarinya meninggal dunia. Soal besaran dana, sedang dirumuskan," ujarnya. 

Sementara 25 nagari persiapan yang sebelumnya diwacanakan akan ikut menggelar Pilwana serentak terpaksa ditunda. Penyebabnya, ke-25 nagari persiapan itu belum mendapatkan kode desa dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Sampai saat ini 25 nagari persiapan belum dapat kode desa. Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi lagi. Kemarin, harus ada peta, sekarang nambah lagi, harus ada skala," ujarnya. 

Saat ini, kata dia, pihaknya sudah menunjuk pelaksana tugas untuk mengisi kekosongan jabatan sejumlah Walinagari yang sudah habis masa jabatannya. DPM, kata dia, akan memfasilitasi setiap tahapan pilwana termasuk pencetakan kertas suara.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Pasaman, Dany Ismaya mengatakan, pemilihan walinagari yang akan segera dihelat di beberapa nagari di Kabupaten Pasaman tahun ini harus  mengedepankan pemilu badunsanak. 

"Utamakan kekeluargaan dan raso badunsanak antara kita, sehingga pesta demokrasi dalam bentuk pilwana itu bisa dijalankan dengan sukacita," tutur Ketua DPD PKS Pasaman ini. (*)

Reporter : Yudhi Lubis /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM