Wah Gawat..! NSA Temukan Kesalahan Besar Windows 10 


Kamis, 16 Januari 2020 - 08:12:17 WIB
Wah Gawat..! NSA Temukan Kesalahan Besar Windows 10  Iliustrasi, Windows 10. Foto Sindonews

REDMOND,HARIANHALUAN.COM- National Security Agency (NSA) menemukan kerentanan serangan siber terhadap perangkat berbasis Windows 10.

Cacat keamanan kritis yang ditemukan oleh NSA memengaruhi cara aplikasi ditandatangani, sehingga dapat memungkinkan penjahat siber memasang malware yang kuat tanpa sistem operasi mampu mendeteksinya.

Patch tersedia dan Anda sangat disarankan untuk memperbaruinya sesegera mungkin. Dalam beberapa tahun terakhir NSA dikenal karena mengeksploitasi kerentanan keamanan. Temuan ini biasanya tak diungkapkan mereka kepada penerbit dan produsen komputer. Praktik yang terkadang menjadi berita utama.

NSA sendiri menjadi target kritik tajam ketika pada 2017 karena menggunakan alat peretasan di jaringan yang ada. Sehingga pada akhirnya berkontribusi terhadap serangan siber global. Namun sering juga agensi keamanan nasional AS itu menganggap kekurangan tertentu cukup serius dan memaksa mereka meminta penerbit untuk memperbaikinya.

Berkat kesalahan ini, penjahat siber bisa memasang malware. Selain itu, mereka dapat melewati otentikasi sistem atau mendekripsi lalu lintas aman dari mesin, dan hebatnya Windows tidak akan mendeteksi apa pun.

Kerentanan itu sendiri terletak pada komponen Windows cryt32.dll yang mengelola "pesan kriptografi dan fungsi sertifikat di CryptoAPI". Ini adalah komponen utama dari keamanan Windows 10. Contohnya, dimungkinkan menggunakan cacat ini untuk mengirimkan malware ke program yang tidak berbahaya dengan memanipulasi tanda tangan mereka.

Phone Arena melaporkan, kerentanan ini sangat serius. Pengguna Windows 10 sangat disarankan untuk memperbarui sistem mereka, jika serangan belum terjadi. Cacat itu memang diperbaiki dalam tambalan yang didistribusikan dalam pembaruan 14 Januari 2020 lalu.

Jika Anda mengaktifkan pembaruan otomatis, yang ini mungkin diinstal secara otomatis. Jika tidak, Anda disarankan pergi ke Pembaruan Windows dan segera memeriksa pembaruan.

Perhatikan juga bahwa temuan cacat ini tidak spesifik untuk Windows 10. Komponen ini juga tersedia selama era Windows NT 4.0. Jadi semua versi Windows hingga Windows XP berpotensi terpengaruh. (snd)

loading...
 Sumber : Sindonews.com /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 24 Juli 2020 - 19:56:13 WIB

    Wah, Ribuan Penjaga BTS di Seluruh Indonesia Dapat Bantuan

    Wah, Ribuan Penjaga BTS di Seluruh Indonesia Dapat Bantuan HARIANHALUAN.COM - Telkomsel berkomitmen terus bergerak maju menghadirkan perubahan nyata di setiap fase kehidupan bangsa, termasuk dalam menghadapi kenormalan baru yang disebabkan pandemi Covid-19. Komitmen itu diwujudkan de.
  • Ahad, 24 Mei 2020 - 18:05:30 WIB

    Wah! WhatsApp Punya Fitur Baru Lagi, Ini Cara Menggunakannya

    Wah! WhatsApp Punya Fitur Baru Lagi, Ini Cara Menggunakannya TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- Layanan pesan instan WhatsApp menambahkan fitur pembagian kontak lewat kode QR. Pengguna bisa bertukar kontak WhatsApp dengan seseorang secara langsung dengan membagikan kode QR. WhatsApp sudah meng.
  • Rabu, 29 April 2020 - 08:33:20 WIB

    Wah! Sekarang WhatsApp Bisa Video Call 8 Orang, Ini Caranya

    Wah! Sekarang WhatsApp Bisa Video Call 8 Orang, Ini Caranya TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- WhatsApp akhirnya meluncurkan fitur group video call  hingga delapan orang secara bersamaan. Sebelumnya, group video call di WhatsApp hanya bisa dilakukan bersama maksimal empat orang. Fitur anyar .
  • Rabu, 22 April 2020 - 17:13:36 WIB

    Wah! Ada 11 Ribu BTS 4G Baru di Momen Ramadan dan Idul Fitri 1441 Hijriah

    Wah! Ada 11 Ribu BTS 4G Baru di Momen Ramadan dan Idul Fitri 1441 Hijriah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Telkomsel sebagai leading digital telco company siap menyambut momen Ramadan dan Idul Fitri 1441 H dengan berkomitmen untuk terus bergerak maju dalam memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan .
  • Kamis, 09 April 2020 - 09:35:32 WIB

    Wah! Aplikasi Zoom Bakal Luncurkan Dark Mode?

    Wah! Aplikasi Zoom Bakal Luncurkan Dark Mode? TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- Kegiatan Work from Home (WFH) saat sedang pandemi Covid-19 ini menjadikan aplikasi Zoom merupakan salah satu alat conference call yang paling populer saat ini. Nah, aplikasi ini kabarnya meluncurkan.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]