Kabar Gembira, Urus Buku Nikah Rusak atau Hilang Bisa Gratis, Cek Syarat dan Cara Mengurusnya


Kamis, 16 Januari 2020 - 11:16:28 WIB
Kabar Gembira, Urus Buku Nikah Rusak atau Hilang Bisa Gratis, Cek Syarat dan Cara Mengurusnya Ist

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Agama (Kemenag) menyampaikan, masyarakat yang mengalami kehilangan atau kerusakan buku nikah akibat banjir yang melanda beberapa wilayah di Indonesia pada awal tahun 2020, tidak perlu khawatir. Karena, mereka dapat mengajukan penggantian buku nikah tanpa biaya apa pun alias gratis. 

Hal ini disampaikan Kasubag Sistem Informasi dan Hubungan Masyarakat Sekretariat Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam Sigit Kamseno, di Jakarta. Fasilitas ini menurut Sigit diberikan, sesuai dengan Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 20/2019, tentang Pencatatan Pernikahan

"Penggantian ini dapat dilakukan pada Kantor Urusan Agama (KUA) di mana pasangan tersebut tercatat pernikahannya. Dan tidak ada biaya alias gratis," ujar Sigit, dikutip dari laman resmi Kemenag, Kamis (16/1/2020).

Ia menambahkan, untuk memperoleh penggantian buku nikah, ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi.

"Bagi yang hilang,  agar membawa Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian, KTP, dan pas foto berukuran 2x3 berlatar biru sejumlah buku nikah," ungkapnya. 

"Sementara, bagi yang rusak, agar membawa Buku Nikah yang rusak, KTP, dan pas foto berukuran 2x3 berlatar biru. Bagi yang rusak dan hilang, jumlah pas foto yang dibawa sejumlah buku nikah yang akan diganti," imbuhnya. 

Sigit menyampaikan, pihaknya percaya seluruh petugas KUA akan melayani masyarakat dengan baik.

"Namun jika ada penyimpangan terhadap layanan ini, misalnya pungli oleh oknum petugas KUA, masyarakat dapat melaporkan melalui kanal-kanal media sosial Bimas Islam, atau via WA ke +62 811-1890-444. Semua aduan akan ditindaklanjuti," tandasnya. (*)

 Sumber : Kemenag RI /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 07 April 2020 - 11:30:30 WIB

    Kabar Baik! Kadinkes Sulsel Sembuh dari Corona

    Kabar Baik! Kadinkes Sulsel Sembuh dari Corona MAKASSAR, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan (Sulsel) dr Ichsan Mustari yang sebelumnya dinyatakan positif Corona (COVID-19) dinyatakan sembuh. Ichsan dinyatakan negatif Corona setelah melalui peme.
  • Senin, 06 April 2020 - 11:36:36 WIB

    Kabar Baik! Dana Desa Bisa Digunakan untuk Bangun Pos Jaga

    Kabar Baik! Dana Desa Bisa Digunakan untuk Bangun Pos Jaga JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar mendorong pemerintah desa untuk membangun pos jaga di setiap gerbang masuk desa sebagai upaya pencegahan meluasny.
  • Ahad, 05 April 2020 - 13:35:25 WIB

    Kabar Gembira! ODP Corona di Jambi Turun di 2 Hari Terakhir

    Kabar Gembira! ODP Corona di Jambi Turun di 2 Hari Terakhir JAMBI, HARIANHALUAN.COM -- Perkembangan Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di Provinsi Jambi sejak dua hari terakhir mengalami penurunan..
  • Sabtu, 04 April 2020 - 15:01:10 WIB

    Kisah Haru Dokter Positif Corona hingga Dikabarkan Tewas

    Kisah Haru Dokter Positif Corona hingga Dikabarkan Tewas JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- KY, Dokter Spesialis Paru sebuah rumah sakit swasta di Jakarta, telah menyiapkan mentalnya menghadapi risiko terburuk menangani pasien virus corona (Covid-19). Kekhawatirannya menjadi keny.
  • Senin, 30 Maret 2020 - 09:30:19 WIB

    Dengar Kabar Thailand Lockdown, Ratusan Tahanan Mengamuk, Ada yang Dibakar

    Dengar Kabar Thailand Lockdown, Ratusan Tahanan Mengamuk, Ada yang Dibakar JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Para tahanan membakar kantin penjara di wilayah timur laut Thailand dan beberapa tahanan kabur selama kerusuhan pada Minggu yang dipicu oleh kabar burung tentang penyebaran corona..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM