Tentara AS Kembali Lanjutkan Operasi MIliter di Irak


Kamis, 16 Januari 2020 - 12:07:41 WIB
Tentara AS Kembali Lanjutkan Operasi MIliter di Irak Amerika Serikat dilaporkan akan memulai kembali operasi militer di Irak setelah sempat dihentikan menyusul kematian jenderal Iran Qasem Soleimani.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Amerika Serikat dilaporkan akan memulai kembali operasi militer di Irak setelah sempat dihentikan menyusul kematian jenderal Iran Qasem Soleimani.

Menurut laporan New York Times, Rabu (15/1) dua petinggi militer AS mengatakan bahwa Pentagon ingin melanjutkan operasi untuk memerangi ISIS.

Ribuan tentara AS dikerahkan ke Irak untuk mendukung pasukan lokal mencegah ISIS kembali bangkit. Mereka menjadi bagian dari koalisi internasional yang diundang Irak pada 2014 silam untuk melawan ISIS.

Washington menghentikan operasi itu pada 5 Januari lalu atau dua hari setelah serangan drone AS menewaskan perwira tinggi militer Mayor Jenderal Qasem Soleimani di sekitar bandara Baghdad.

Parlemen Irak telah meminta pemerintah mengusir 5.000 tentara AS dari sana setelah insiden itu. Terlebih serangan yang diluncurkan pada 3 Januari itu turut menewaskan salah satu tokoh militer Irak, Abu Mahdi al-Muhandis.


Meski demikian, tidak diketahui apakah Irak menyetujui rencana AS untuk kembali melanjutkan operasi tersebut.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada Senin kemarin mengungkapkan bahwa para pemimpin Irak secara pribadi mendukung kehadiran pasukan AS di sana, meskipun ada seruan pengusiran.

"Mereka tidak akan mengatakan secara terbuka. Tetapi secara pribadi mereka semua menerima kenyataan bahwa AS masih ada di sana melaksanakan misi anti-teror," kata Pompeo di sebuah forum di Universitas Stanford. (h/dtk)

 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 15 Maret 2020 - 08:12:04 WIB

    China Menuding Tentara Amerika sebagai Penyebar Corona di Wuhan

    China Menuding Tentara Amerika sebagai Penyebar Corona di Wuhan INTERNASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian menuding bahwa Amerika Serikat adalah dalang dari virus corona. Hal tersebut ia nyatakan pada akun twitternya pada Kamis (12/3). Membag.
  • Rabu, 29 Januari 2020 - 13:17:56 WIB

    Gara-gara Serangan Rudal Iran, 50 Tentara AS Alami Gegar Otak Akut

    Gara-gara Serangan Rudal Iran, 50 Tentara AS Alami Gegar Otak Akut WASHINGTON, HARIANHALUAN.COM - Pentagon mengatakan pada Selasa (28/1), 50 tentara Amerika Serikat saat ini didiagnosis mengalami cedera otak akut pascaserangan rudal Iran di sebuah pangkalan di Irak pada awal Januari..
  • Ahad, 19 Januari 2020 - 18:50:19 WIB

    Yaman Diserang, Sedikitnya 38 Tentara Pemerintah Tewas

    Yaman Diserang, Sedikitnya 38 Tentara Pemerintah Tewas JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Serangan terhadap kamp pelatihan militer di provinsi Marib, Yaman menewaskan sedikitnya 38 tentara pemerintah dan melukai puluhan lainnya, menurut sumber keamanan..
  • Ahad, 19 Januari 2020 - 13:44:21 WIB

    Makin Panas..! Begini Ancaman Iran kepada Tentara Uni Eropa dan AS

    Makin Panas..! Begini Ancaman Iran kepada Tentara Uni Eropa dan AS JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Iran kembali memberi peringatan keras terhadap Eropa dan Amerika Serikat (AS) terkait kehadiran keduanya di Timur Tengah. Bahkan dalam pidatonya di televisi pemerintah, Presiden Iran Hassan Rouhani.
  • Jumat, 17 Januari 2020 - 18:20:48 WIB

    Wah..! Arab Saudi 'Sewa' Pasukan Tentara AS Rp6,7 Triliun

    Wah..! Arab Saudi 'Sewa' Pasukan Tentara AS Rp6,7 Triliun WASHINGTON DC, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Arab Saudi telah membayar US$ 500 juta (Rp 6,7 triliun) untuk membantu menanggung biaya pengerahan tentara Amerika Serikat (AS) di negara tersebut. Pengerahan tentara AS dilakukan .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM