Jokowi Bermimpi di Ibu Kota Baru hanya Ada Mobil Listrik


Kamis, 16 Januari 2020 - 16:28:54 WIB
Jokowi Bermimpi di Ibu Kota Baru hanya Ada Mobil Listrik Presiden Jokowi dan mobil listrik.

NASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membeberkan rancangan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Nantinya Ibu kota mengusung konsep kota pintar dan hijau atau Green City dan Smart City. Mantan Walikota Solo ini menjelaskan yang dimaksud Green City yaitu semua kendaraan disana menggunakan bahan bakar listrik.

"Gambaran kurang lebih ibu kota baru seperti apa. Sangat hijau. Green city, smart city, compact, autonomous, karena yang kita gunakan electronic autonomous vehicle. Selain di kota itu enggak boleh," ujar Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan, di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (16/1).

Menurut Jokowi, pemikiran semua orang dalam memindahkan ibu kota harus diubah. Pemindahan ibu kota lanjutnya, bukan pemindahan tempat saja. Tapi juga perubahan sistem mulai dari pola pikir masyarakat hingga moda transportasi di ibu kota baru. Dengan begitu, masyarakat tak perlu menggunakan kendaraan pribadi, bisa menggunakan transportasi massal.

"Yang ingin kita pindahkan perubahan pola pikir, pola kerja, sistem yang semuanya akan baru. Kita akan install sebuah sistem. Jangan pikir kita akan memindahkan lokasi atau gedung, enggak. Tapi untuk lebih detil kalau perencanaannya sudah 100 persen," katanya.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan pemerintah ingin ibu kota baru di Penajam Paser Utama, Kalimantan Timur sudah menggunakan kendaraan umum dan kendaraan pribadi yang berteknologi swakemudi. Karena itu Jokowi meminta Menteri Perhubungan dan Menristek Bambang Brodjonegoro membahas desain hingga kesiapan infrastruktur untuk penggunaan mobil swakemudi.

Di dunia pengembangan mobil swakemudi sudah dilakukan oleh sejumlah raksasa teknologi seperti Waymo dari Google dan Uber. Mobil swakemudi Waymo misalnya telah diuji coba di beberapa kota Amerika Serikat selama beberapa tahun terakhir.

Di Asia Tenggara, Singapura boleh dibilang sebagai negara paling gencar mengembangkan mobil swakemudi. Di negara itu, mobil swakemudi Nutonomy sudah diuji coba di jalan raya. Volvo juga sudah menguji bus swakemudinya di pulau kecil tersebut. (*)

 Sumber : Suara.com /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 30 Maret 2020 - 19:29:37 WIB

    Jokowi Berang! Pemda Jangan Buat Kebijakan Tanpa Konsultasi

    Jokowi Berang! Pemda Jangan Buat Kebijakan Tanpa Konsultasi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengungkapkan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penanganan penyebaran virus Corona (COVID-19). Jokowi, kata Doni, mewanti-wanti kepada.
  • Senin, 30 Maret 2020 - 16:15:58 WIB

    Jokowi Ingatkan Pemda: Karantina Wilayah Kewenangan Pusat

    Jokowi Ingatkan Pemda: Karantina Wilayah Kewenangan Pusat JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Presiden Joko Widodo menegaskan kebijakan karantina wilayah terkait virus corona (Covid-19) jadi kewenangan pemerintah pusat, bukan pemerintah daerah..
  • Senin, 30 Maret 2020 - 15:23:00 WIB

    Cegah Corona, Jokowi Siapkan Perpres dan Inpres Mudik

    Cegah Corona, Jokowi Siapkan Perpres dan Inpres Mudik JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah tengah menyiapkan Peraturan Presiden (Perpres) dan Instruksi Presiden (Inpres) untuk mengatur soal mudik lebaran demi mencegah persebaran virus corona (covid-19)..
  • Senin, 30 Maret 2020 - 13:26:26 WIB

    Jokowi: 14 Ribu Orang Tinggalkan Jakarta Sepekan Terakhir

    Jokowi: 14 Ribu Orang Tinggalkan Jakarta Sepekan Terakhir JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Presiden Joko Widodo menyatakan telah terjadi percepatan arus mudik sejak DKI Jakarta menetapkan tanggap darurat virus corona (covid-19). Pemerintah provinsi Jakarta diketahui telah menetapkan ta.
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 21:41:27 WIB

    Jokowi Akan Umumkan Kementerian Berkinerja Buruk ke Media!

    Jokowi Akan Umumkan Kementerian Berkinerja Buruk ke Media! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberi sanksi ke kementerian/lembaga (k/l) dan pemerintah daerah (pemda) yang berkinerja buruk. Sanksi berupa teguran tertulis, publikasi di media massa nasional.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM