Inovasi One Day One Figure Ciptakan Kamtibmas Berbudaya


Kamis, 16 Januari 2020 - 17:17:32 WIB
Inovasi One Day One Figure Ciptakan Kamtibmas Berbudaya Kapolres Solsel AKBP Imam Yulisdianto silaturahmi di Rumah Gadang Istano Rajo Rantau XII Koto di Lubuk Gadang, bersama Yang Dipertuan Maha Rajo Bungsu. IST

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM- Terciptanya tatanan kehidupan sosial kemasyarakatan nan aman, tertib dan menjunjung adat budaya salah satu keinginan dari Kapolres Solok Selatan (Solsel) AKBP Imam Yulisdianto.

Untuk mewujudkannya ia melakukan inovasi dengan membuat suatu terobosan program kerja, yakni 'one day, one figure (satu hari, satu figur tokoh).

"Maksud dari program ini, dalam sehari jajaran Polres Solsel bersilaturahmi sembari berdiskusi dengan satu tokoh masyarakat. Baik itu, tokoh adat budaya, alim ulama, cadiak pandai, ninik mamak dan tokoh Politik di wilayah hukum Polres Solsel," ujarnya pada Harianhaluan.com, Kamis (16/1).

Ia menyatakan, program itu melibatkan seluruh pejabat utama (PJU), Kasat dan Kapolsek di lingkup Polres setempat, untuk menjalin silaturahmi dan berdiskusi dengan figur tokoh tersebut. "Dengan cara bergilir setiap hari, para jajaran harus membangun komunikasi dengan figur tokoh di Solsel. Selain bertujuan untuk menciptakan keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas) juga untuk mengoptimalkan fungsi tokoh adat dan ninik mamak," katanya.

Hasil diskusi itu, katanya bisa berupa masukan dan kritikan maupun informasi terkait Kamtibmas dilingkungan masing-masing. "Nah, apabila sudah berjalan sinergi dan terjalin komunikasi maka tindakkan melawan hukum bisa dibendung," tuturnya.

Sebelum program 'one day, one figure', imbuhnya juga telah dilakukan program dengan merangkul tokoh dan pemangku adat untuk mengurangi angka laka lantas. "Para pemangku dan tokoh masyarakat diharapkan sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas, dilingkup anak cucu dan kemenakan," sebutnya.

Menanggapi itu, salah seorang Tokoh masyarakat Solsel, Sudirman Wk.Dt Lingkar Bulan mengapresiasi upaya dari Polres Solsel untuk bersinergi bersama pemangku adat dan tokoh masyarakat. "Tentunya, langkah positif dari inovasi itu nantinya diharapkan berdampak terhadap Kamtibmas di Solsel serta bisa berkelanjutan. Selain itu, para tokoh juga bisa menjadi pelopor untuk bersinergi mengantisipasi tindakan kriminal," tutupnya. (h/jef)

loading...
Reporter : Jefli /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]