Inovasi One Day One Figure Ciptakan Kamtibmas Berbudaya


Kamis, 16 Januari 2020 - 17:17:32 WIB
Inovasi One Day One Figure Ciptakan Kamtibmas Berbudaya Kapolres Solsel AKBP Imam Yulisdianto silaturahmi di Rumah Gadang Istano Rajo Rantau XII Koto di Lubuk Gadang, bersama Yang Dipertuan Maha Rajo Bungsu. IST

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM- Terciptanya tatanan kehidupan sosial kemasyarakatan nan aman, tertib dan menjunjung adat budaya salah satu keinginan dari Kapolres Solok Selatan (Solsel) AKBP Imam Yulisdianto.

Untuk mewujudkannya ia melakukan inovasi dengan membuat suatu terobosan program kerja, yakni 'one day, one figure (satu hari, satu figur tokoh).

"Maksud dari program ini, dalam sehari jajaran Polres Solsel bersilaturahmi sembari berdiskusi dengan satu tokoh masyarakat. Baik itu, tokoh adat budaya, alim ulama, cadiak pandai, ninik mamak dan tokoh Politik di wilayah hukum Polres Solsel," ujarnya pada Harianhaluan.com, Kamis (16/1).

Ia menyatakan, program itu melibatkan seluruh pejabat utama (PJU), Kasat dan Kapolsek di lingkup Polres setempat, untuk menjalin silaturahmi dan berdiskusi dengan figur tokoh tersebut. "Dengan cara bergilir setiap hari, para jajaran harus membangun komunikasi dengan figur tokoh di Solsel. Selain bertujuan untuk menciptakan keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas) juga untuk mengoptimalkan fungsi tokoh adat dan ninik mamak," katanya.

Hasil diskusi itu, katanya bisa berupa masukan dan kritikan maupun informasi terkait Kamtibmas dilingkungan masing-masing. "Nah, apabila sudah berjalan sinergi dan terjalin komunikasi maka tindakkan melawan hukum bisa dibendung," tuturnya.

Sebelum program 'one day, one figure', imbuhnya juga telah dilakukan program dengan merangkul tokoh dan pemangku adat untuk mengurangi angka laka lantas. "Para pemangku dan tokoh masyarakat diharapkan sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas, dilingkup anak cucu dan kemenakan," sebutnya.

Menanggapi itu, salah seorang Tokoh masyarakat Solsel, Sudirman Wk.Dt Lingkar Bulan mengapresiasi upaya dari Polres Solsel untuk bersinergi bersama pemangku adat dan tokoh masyarakat. "Tentunya, langkah positif dari inovasi itu nantinya diharapkan berdampak terhadap Kamtibmas di Solsel serta bisa berkelanjutan. Selain itu, para tokoh juga bisa menjadi pelopor untuk bersinergi mengantisipasi tindakan kriminal," tutupnya. (h/jef)

Reporter : Jefli /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 23:04:16 WIB

    Sumbar Peringkat Ketiga Indeks Inovasi Daerah 2019

    Sumbar Peringkat Ketiga Indeks Inovasi Daerah 2019 PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Sumbar, Reti Wafda mengungkapkan, telah terjadi peningkatan inovasi daerah Provinsi Sumatera Barat sejak tahun 2018 hingga 2019..
  • Senin, 13 Januari 2020 - 18:55:17 WIB

    Wali Nagari Punya Inovasi Tingkatkan Ekonomi Warga

    Wali Nagari Punya Inovasi Tingkatkan Ekonomi Warga LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM.COM — Pemerintahan Nagari Anding, Kecamatan Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota, mempu memanfaatkan dana desa tahun 2019 intuk membangun nagarinya demi kesejahteraan masyarakat..
  • Senin, 14 Oktober 2019 - 15:05:31 WIB

    Irfendi Arbi: Satu OPD Harus Miliki Satu Inovasi

    Irfendi Arbi: Satu OPD Harus Miliki Satu Inovasi LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM -  Dalam rangka penguatan dan pengembangan inovasi daerah, kita perlu mewujudkan One Agency Five Innovation/Satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Satu inovasi. Sebab inovasi daerah merupaka.
  • Ahad, 06 Oktober 2019 - 16:42:10 WIB

    SMA IBS RJ Pamerkan Inovasi ‘Eco Smart City’

    SMA IBS RJ  Pamerkan Inovasi ‘Eco Smart City’ PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - SMA Islam Boarding School Raudhatul Jannah (SMA IBS RJ) memamerkan ‘Inovasi Eco Smart’ dalam rangka gebyar pendidikan yang dilaksanakan mulai tanggal 4 hingga 6 Oktober di Transmart Kota Pad.
  • Ahad, 18 Agustus 2019 - 13:36:58 WIB

    Puskesmas Tanjung Gadang Terima Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik 2019

    Puskesmas Tanjung Gadang Terima Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik 2019 SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menyerahkan penghargaan kompetisi pelayanan prima dan Inovasi Pelayanan Publik (IPP) tingkat Provinsi Sumatera Barat kepada Kepala Puskesmas (Kapus) Tanjung Gad.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM