Menkes: Waspada Virus Korona di Seluruh Bandara di Indonesia


Kamis, 16 Januari 2020 - 17:53:34 WIB
Menkes: Waspada Virus Korona di Seluruh Bandara di Indonesia Terawan Agus Putranto

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto, meminta masyarakat agar mewaspadai virus korona yang merebak di Cina. Hingga saat ini, virus korona yang menyebar di Cina merupakan jenis baru yang belum dikenal.

"Sekarang ini warning terus saya giatkan karena itu penularannya paling cepat kalau model SARS kaya begitu. Model pneumonia dari Wuhan itu modelnya yang mana itu belum tahu. Tapi paling tidak kita harus mewaspadai karena itu berbahaya," ujar Terawan di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Kamis (16/1).

Terawan mengatakan, virus korona dari Wuhan ini telah masuk ke negara Jepang. Sebelumnya, virus ini terdeteksi masuk ke Bangkok.

"Soalnya aku juga baru mewaspadai flu Wuhan itu yang sekarang sudah masuk Jepang. Kemarin masuk Bangkok sekarang masuk Jepang," ujar dia.

Terawan mengungkapkan, saat ini pencegahan pertama dilakukan dengan meningkatkan kewaspadaan di seluruh bandara. Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap virus ini.

"Semua bandara, semua KKP waspada," ucapnya.

Sebelumnya, Badan kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (WHO) pada Selasa (14/1), memperingatkan virus Korona yang melanda Cina memiliki potensi untuk menyebar. Sejauh ini, ada penularan 'terbatas' virus tersebut dari manusia-ke-manusia, yang telah terjadi di Cina, sebagian besar adalah kelompok kecil dalam keluarga.

Coronavirus adalah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan infeksi mulai dari flu biasa hingga Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS).(*)

 Sumber : Republika /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM