Launching Calendar Event Pariwisata 2020, Dispar Padang Siapkan 31 Iven Bergengsi


Kamis, 16 Januari 2020 - 18:40:27 WIB
Launching Calendar Event Pariwisata 2020, Dispar Padang Siapkan 31 Iven Bergengsi Calender Event Pariwisata Padang 2020 resmi diluncurkan.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Pariwisata Kota Padang mengadakan Launching Calender Event Pariwisata tahun 2020, Kamis (16/1) di Grand Inna Muara Hotel. Kegiatan ini di awali oleh penampilan Tari Pasambahan dari Sanggar Satampang Baniah.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Arfian mengatakan, saat ini Padang merupakan kota emas dengan banyak pengunjung yang masuk untuk berlibur. Adapun tujuan diadakannya launching ini adalah untuk memberikan acuan dan pedoman bagi para calon wisatawan, bahan promosi pariwisata sebagai strategi untuk mendatangkan wisatawan ke Padang.

Baca Juga : Keren! Kawasan Danau Maninjau Diusulkan Jadi Wisata Unggulan Nasional

"Selain itu, juga sebagai bentuk apresiasi kepada pelaku industri wisata Kota Padang dan mempererat jaringan bersama antara pemerintah, swasta dan masyarakat," katanya. 

Pada tahun 2020, Arfian menyebut, akan ada 31 iven di Kota Padang dengan target kunjungan wisatawan mencapai 5 juta orang. "Adanya launching ini bisa membantu untuk mempromosikan setiap iven yang akan digelar di Kota Padang," sebutnya. 

Baca Juga : Sandiaga Uno Sebut Ajakan Presiden Cintai Produk Lokal Bisa Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Mewakili Wali Kota Padang, Medi Iswandi yang juga Kepala Bapeda Padang mengajarkan bahwa Statistik PAD Pariwisata di Kota Padang cukup baik. Mantan Kadis Pariwisata Padang ini menilai hal tersebut sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam menyambut wisatawan. 

Medi juga menambahkan, dengan baiknya statistik pariwisata ini dapat mengurangi angka kemiskinan di Kota Padang dari 4,7 persen menjadi 4.4 persen. "Tercatat dalam rentang waktu 2015, PAD dari Pariwisata sebesar Rp17, 3 miliar, kini di tahun 2019 meningkat pesat menjadi Rp103 miliar," jelasnya. 

Baca Juga : Dampak Pandemi Covid-19, Hanya Seorang Wisman Kunjungi Riau

Pada sela-sela acara tersebut juga diputarkan Short Film tentang gambaran wisata Kota Padang. Video tersebut merupakan kerjasama antara Kadispar dengan Haluan Creative yang diinisiasi oleh Muhammad Rayhan. Disebut Rayhan, ini sebagai bentuk kontribusi dan upaya besar Haluan Creative dalam membantu pemerintah mempromosikan wisata di kota Padang .

Akhir acara ditutup dengan pemukulan gandang tasa secara simbolis oleh Dinas Pariwisata Sumbar, Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, perwakilan Wali Kota Padang serta pihak pelaku usaha yang kali ini diwakili oleh Ian Hanafiah, pemilik Ero Tours dan Ketua ASITA Sumbar. (*)

Baca Juga : Grand Launching COE Pariaman Festival 2021 Dihelat di Pekanbaru

Reporter : Ar Rafi | Editor : Agoes Embun
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]