Ikan Kerapu 158 Kg Berusia 50 Tahun Berhasil Ditangkap!


Kamis, 16 Januari 2020 - 18:56:25 WIB
Ikan Kerapu 158 Kg Berusia 50 Tahun Berhasil Ditangkap! Ikan berusia 50 tahun yang ditangkap. IST

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ikan kerapu seberat 158 kg ditemukan di perairan Florida. Usia dari ikan kerapu diprediksi sudah mencapai 50 tahun lebih.

Ikan kerapu biasanya diolah menjadi ikan kukus hingga ikan goreng yang favorit, di banyak restoran seafood. Namun, kalau ikan kerapu yang satu ini, justru membuat orang kaget karena ukurannya yang sangat besar dan usianya yang sudah tua.

Organisasi FWC Fish dan Wildlife Research Institute mengungkapkan penemuan mereka, ketika menangkap ikan kerapu jenis Warsawa yang ada di perairan Florida, Amerika. Dilansir dari Latestly (16/01), ikan ini dipercaya sudah berusia 50 tahun lebih, dengan berat mencapai 158 kg.

Awalnya ikan kerapu ini ditangkap oleh sekelompok orang yang tengah memancing, salah satunya bernama Jason Boyll. Saat itu Jason merayakan keberhasilannya menangkap ikan kerapu raksasa ini di Facebook, yang mengundang banyak perhatian dari ahli konservasi satwa laut.

Menurut Wildlife Research Institute, dilihat dari bagian batu telinga serta otolith ikan, mereka bisa menyimpulkan bahwa ikan kerapu raksasa ini sangat berharga dan berusia puluhan tahun.

"Setelah meneliti bagian otolith (telinga dalam) ikan ini, kami menyimpulkan bahwa ikan kerapu ini sangat berharga, dan merupakan contoh adanya spesies ikan tua yang besar dan sangat langka," tulis keterangan dari Wildlife Research Institute.

Menurut keterangan tersebut, para peneliti menuturkan bahwa sedikit sulit untuk menjelaskan perbedaan antara ikan kerapu Warsawa, dengan ikan kerapu jenis lainnya. Ikan kerapu yang ini termasuk langka, apalagi karena jumlah spesiesnnya yang terus menurun dari waktu ke waktu.

Meski FWC dan Wildlife Research Institute terkejut, ketika menemukan orang-orang bisa menangkap ikan kerapu langka ini. Tapi FWC dan Wildlife Research Institute mengingatkan, untuk tidak memancing atau mengambil ikan kerapu Warsawa, terutama para nelayan.

Larangan ini berdasarkan data dari National Oceanic and Atmospheric Administration, di mana mereka menyebutkan bahwa ikan kerapu Warsawa, spesiesnya mulai berkurang dan terancam punah di tahun 1997. Penyebab kelangkaan dari ikan kerapu Warsawa ini disebabkan oleh nelayan yang menangkap ikan ini.

Selain ikan kerapu, sebelumnya para peternak tiram di Prancis berhasil menemukan tiram raksasa yang besarnya mencapai 1,4 kg, dan usianya diperkirakan sudah mencapai 15 tahun lebih. (h/dtk)

 Sumber : detikNews /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 April 2020 - 16:35:30 WIB

    Gelandangan di Kota Ini Diungsikan ke Rumah Bordil

    Gelandangan di Kota Ini Diungsikan ke Rumah Bordil JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Showpark, sebuah rumah bordil yang beroperasi di Prague Market (Pasar Praha), HoleŇ°ovice, Republik Ceko, telah diberikan waktu 72 jam untuk membereskan bangunannya sehingga kamar tamu dapat diguna.
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 12:18:26 WIB

    Di Tengah Kepanikan Corona, Korut Tembak Rudal Lagi

    Di Tengah Kepanikan Corona, Korut Tembak Rudal Lagi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pada Minggu (29/3) Korea Utara menembakkan dua peluru kendali (rudal) balistik jarak pendek dari lepas pantai timur. Ini jadi peluncuran rudal keempat pada bulan ini, di tengah perlawanan dunia ter.
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 12:08:53 WIB

    Putri Diana Takkan Tergantikan oleh Camilla, Istri Pangeran Charles

    Putri Diana Takkan Tergantikan oleh Camilla, Istri Pangeran Charles JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pangeran Charles memang menempati posisi teratas pewaris tahta Kerajaan Inggris. Namun, sang istri, Camilla Parker Bowles takkan pernah menyandang gelar Ratu. Apakah ini berarti posisi mendiang Put.
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 22:25:23 WIB

    Waduh! Di Desa Ini Buaya Dijadikan Hewan Peliharaan

    Waduh! Di Desa Ini Buaya Dijadikan Hewan Peliharaan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Di pedalaman Nubia, wilayah di tepi Sungai Nil, selatan Mesir, bayi buaya duduk di bahu Mamdouh Hassan untuk membuat kagum para wisatawan..
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 10:48:09 WIB

    Mengerikan! 627 Orang di Italia Meninggal dalam Sehari Akibat Corona

    Mengerikan! 627 Orang di Italia Meninggal dalam Sehari Akibat Corona ROMA, HARIANHALUAN.COM - Otoritas Italia melaporkan 627 kematian baru akibat virus Corona atau COVID-19 dalam sehari. Jumlah total korban meninggal di Italia kini melampaui 4 ribu orang..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM