Nekat Mencuri Disiang Bolong, IH Babak Belur Dihajar Massa


Kamis, 16 Januari 2020 - 19:57:33 WIB
Nekat Mencuri Disiang Bolong, IH Babak Belur Dihajar Massa  Pelaku Curat MH (28) sempat dipermak massa sebelum  diamankan di Mapolres Bukittinggi, Kamis (16/1). YURSIL.

BUKITTINGG, HARIANHALUAN.COM-Seorang pelaku percobaan pencurian dengan pemberatan (Curat), babak belur dihajar masa sebelum diamankan tim Kobra Polres Bukittinggi, Kamis (16/1) sekitar pukul 14,30 WIB.

Pelaku berinisial MH (28)  yang mengaku warga Kumpulan Kab. Pasaman itu,  ketika bereaksi diteriaki maling oleh korban di Toko Kue Maju Bakery di Jalan Ahmad Yani, Kampung Cina Bukittinggi.

Aksi yang dilakukan pelaku itu tergolong nekat dan berani karena dilakukan di siang hari, dengan modus berpura pura berbelanja di toko tersebut. Melihat pelaku merampas uang yang ada di kasir itu, pelayan toko langsung berteriak maling sambil memegang pelaku.

Dalam peristiwa itu sempat terjadi tarik menarik antara pelaku dan pelayan toko tersebut, bahkan pelayan toko dilaporkan mengalami cedera di jari tangan saat mempertahankan barang.

Mendengar teriaki maling, warga disekitar mengejar pelaku yang lari ke arah Simpang Tembok, namun pelaku berhasil ditangkap. Warga yang geram terhadap ulah pelaku dan langsung menghakimi pelaku hingga babak belur.

Sebagian warga mencoba, menghubungi tim Kobra Polres Bukittinggi yang pada saat itu berada di kawasan Pasar Atas.

Tim Kobra dibawah Pimpinan AKP Suyatno  setelah mendapat informasi langsung meluncur ke TKP, namun sesampai disana pelaku sudah babak belur dihajar warga.

Kapolres Bukittinggi, AKBP Iman Pribadi Santoso yang didampingi Kasat Reskrim Polres Bukittinggi AKP M.Chairul Amri Nasution membenarkan tim Kobra telah mengamankan seorang pelaku percobaan pencurian dengan kekerasan di salah satu toko kue di kawasan Kampung Cina Bukittinggi.

"Saat kejadian tim Kobra  pimpinan AKP Suyatno sedang melakukan pengawasan dan pemantauan di kawasan Pasar Atas Bukittinggi. Kita berhasil mengamankan pelaku setelah dihajar warga, pelaku saat ini ditahan di Mapolres untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Pelaku dijerat dengan  pasal 365 dengan ancaman 9 tahun penjara," ungkap Iman Pribadi Santoso.

Sementara itu, pelaku mengaku sejak beberapa hari belakanga tinggal di pasar bawah, ia mengaku baru pertama kali melakukan kejahatan di Kota Bukittinggi. 

"Saya beberapa hari ini di Bukittinggi dan tinggal di Pasar Bawah, baru kali ini saya melakukannya," kata MH sambil meringgis menahan sakit.(h/ril).

Reporter : YURSIL /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM