Masuk Daftar Bali Baru, Pembangunan Jalan Lingkar Raja Ampat Dikebut


Jumat, 17 Januari 2020 - 10:59:33 WIB
Masuk Daftar Bali Baru, Pembangunan Jalan Lingkar Raja Ampat Dikebut Jalan lingkar Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Ist

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) secara bertahap terus menyelesaikan pembangunan jalan lingkar Raja Ampat yang memiliki panjang keseluruhan 342 kilometer. Kehadiran jalan tersebut akan meningkatkan konektivitas antar destinasi wisata di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat yang terkenal dengan keindahan destinasi wisata gugusan pulau karang dan air lautnya yang jernih.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan ketersediaan infrastruktur jalan dengan kondisi mantap akan meningkatkan akselerasi pengembangan destinasi wisata setempat dan memudahkan wisatawan mencapai lokasi wisata.

"Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan wisata," kata Menteri Basuki, dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Jumat (17/1/2020).

Jalur Lingkar Raja Ampat sepanjang 342 Km terdiri dari 2 ruas, yakni ruas Lingkar Luar Raja Ampat sepanjang 314,39 Km dan ruas Lingkar Waisai sepanjang 27,61 Km. Pada tahun 2019, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga menganggarkan Rp 183,1 miliar untuk penanganan ruas Lingkar Raja Ampat.

Anggaran digunakan untuk beberapa pekerjaan diantaranya pekerjaan preservasi jalan Waisai-Bandara Marinda sepanjang 6,15 Km dan pemeliharaan rutin jembatan pada ruas tersebut.

Dari total panjang 342 Km, kondisi Jalan Lingkar Raja Ampat yang sudah teraspal mencapai 37,45 km, agregat sepanjang 97,75 Km, dan sisanya 206,8 km belum terbuka. Pembangunan Lingkar Raja Ampat terkendala karena melintasi kawasan cagar alam sepanjang 113,6 Km, tepatnya pada ruas Kabare-Kapadri-Wayai (93,6 Km) dan ruas Wayai-Warsambin-Kabare (20 Km).

Pada kurun waktu 2015-2018, Kementerian PUPR melakukan penanganan Lingkar Luar Raja Ampat sepanjang 112,9 Km yang meliputi pekerjaan preservasi, pembangunan jalan, peningkatan struktur jalan serta pembangunan Jembatan Warsawai (10 meter) dan Jembatan Waimir (10 meter).

Raja Ampat merupakan salah satu dari 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) atau 10 "Bali Baru" yang dikembangkan Pemerintah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara.

Penataan KSPN Raja Ampat dikerjakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur yang telah disusun oleh Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR.

Sebelumnya Kementerian PUPR telah melakukan perbaikan Pelabuhan Waisai di Pulau Waigeo yang merupakan pintu masuk menuju destinasi wisata di Kabupaten Raja Ampat.

Selain itu juga dilakukan penataan pada kawasan wisata, salah satunya di Bukit Piaynemo dengan membangun anak tangga menuju puncak bukit, kios suvenir, gardu pandang, rest area, serta tambatan perahu apung dan perahu kayu.

Dengan dibangunnya anak tangga sebanyak 320 buah, diharapkan meningkatkan kenyamanan dan mempermudah wisatawan menuju puncak bukit dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Anggaran pembangunannya sebesar Rp 19,9 miliar yang bersumber dari APBN tahun 2018. (*)

 Sumber : Kementerian PUPR /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 08 April 2020 - 15:36:04 WIB

    Ini Daftar Provinsi yang Kebagian Alat Tes Kilat Corona, Daerah Anda Masuk Gak?

    Ini Daftar Provinsi yang Kebagian Alat Tes Kilat Corona, Daerah Anda Masuk Gak? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah telah mendatangkan alat tes kilat virus Corona dengan metode polymerase chain reaction (PCR). Alat ini diboyong langsung dari Swiss, produksi Roche Holding AG..
  • Ahad, 05 April 2020 - 12:57:16 WIB

    Curhatan Sang Ayah yang Terinfeksi Corona, Termasuk 11 Anaknya

    Curhatan Sang Ayah yang Terinfeksi Corona, Termasuk 11 Anaknya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Spanyol adalah salah satu negara yang terkenam dampak cukup parah karena virus Corona. Dilaporkan bahwa ada satu keluarga yang semuanya terinfeksi virus Covid-19. Selain ayah dan ibu, 11 anak mere.
  • Ahad, 05 April 2020 - 12:32:23 WIB

    Sudah Masuk April, Kapan Puncak Covid-19 di Indonesia?

    Sudah Masuk April, Kapan Puncak Covid-19 di Indonesia? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Penyebaran pandemi virus corona dari penyakit Covid-19 kian masif. Hingga kini, kasus terkonfirmasi di Indonesia sudah melebihi angka 2.000, dengan tingkat kematian (case fatality rate) sebesar 8,9.
  • Rabu, 01 April 2020 - 07:48:36 WIB

    Berlaku Besok, Orang Asing Tak Boleh Lagi Masuk Indonesia

    Berlaku Besok, Orang Asing Tak Boleh Lagi Masuk Indonesia JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly resmi melarang warga negara asing (WNA) masuk maupun transit di wilayah Indonesia dalam menekan penyebaran virus corona (Covid-19)..
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 21:48:54 WIB

    Semua WNA Akan Dilarang Masuk dan Transit ke Indonesia

    Semua WNA Akan Dilarang Masuk dan Transit ke Indonesia JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, mengungkapkan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kemenkumham untuk membuat kebijakan baru terkait pencegahan penyebaran COVID-19..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM