Orang yang Selalu Buang Air Besar di Pagi Hari Lebih Sehat, Benarkah?


Jumat, 17 Januari 2020 - 12:54:41 WIB
Orang yang Selalu Buang Air Besar di Pagi Hari Lebih Sehat, Benarkah? ilustrasi buang air

HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Frekuensi normal seseorang buang air besar (BAB) adalah tiga kali sehari dan cenderung akan melakukannya pada waktu yang sama setiap hari, menurut Healthline.

Meski tidak ada patokan, idealnya seseorang harus BAB sekali sehari, terutama di pagi hari. Dilansir Fatherly.com, gerakan buang air besar di pagi hari adalah yang terbaik dari semua waktu untuk BAB.

"Di pagi hari, ketika kita pertama kali bangun, jam internal (sirkardian tubuh) akan 'berbunyi' di usus, dan usus besar mulai berkontraksi lebih kuat," tutur dokter spesialis gastroenterologi, Sarina Pasricha.

Dia melanjutkan, usus besar akan berkontraksi tiga kali lebih keras saat bangun tidur, dibandingkan ketika sedang tidur.

Ketika tidur, usus kecil dan usus besar akan bekerja dengan memproses sisa makanan yang dikonsumsi sehari sebelumnya. Sekitar 30 menit setelah bangun, umumnya orang baru akan merasa ingin BAB.

Rutinitas di pagi hari seperti peregangan, minum air dan mengonsumsi kopi dapat membantu menggerakan pencernaan. Namun, bukan berarti setiap orang harus BAB di pagi hari.

"Biasanya waktu terbaik untuk buang air besar adalah di pagi hari. Namun, beberapa orang mungkin tidak BAB di pagi hari dan ini tidak berarti ada masalah," sambung Pasricha.

"Tidak apa-apa untuk tidak buang air besar di pagi hari selama orang-orang melakukan buang air besar setiap hari," tutupnya. (*)

 Sumber : HiMedik /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM