Totok 'Raja' KAS Pernah Jadi Korban Kebakaran di Jakarta


Jumat, 17 Januari 2020 - 13:24:31 WIB
Totok 'Raja' KAS Pernah Jadi Korban Kebakaran di Jakarta Totok yang mengaku sebagai raja Keraton Agung Sejagat

NASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Totok Santoso Hadiningrat tersangka kasus penipuan dengan modus mengaku sebagai raja dari Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah ternyata pernah menjadi korban kebakaran. 

Dia menjadi korban kebakaran saat tinggal di sebuah bedeng kontrakan di kawasan bantaran rel Stasiun Kampung Bandan, Ancol, Jakarta Utara.

Sugiyono (64), warga Kampung Mangga Dua RT 12/ RW 05, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara menuturkan, kalau Totok tinggal di kontrakan bedeng berukuran 2x3 meter sekitar tahun 2011. 

Hingga akhirnya Totok tak lagi terlihat setelah terjadi peristiwa kebakaran di awal tahun 2016. "Setelah kebakaran itu dia menghilang, nggak ada yang tahu kemana," kata Sugiyono, Jumat (17/1).

Selama tinggal di Ancol, Sugiyono mengungkapkan bahwa Totok dikenal kurang bersosialisasi dengan warga sekitar. Bahkan, sang 'raja' Keraton Agung Sejagat itu tidak pernah terlibat dalam kegiatan bersama warga.

"Kalau di sini dia biasa saja, asing nggak terlalu dikenal. Dia orangnya juga kurang bersosialisasi, kayak kalau ada kerja bakti gitu nggak pernah ikut," katanya.

Selama tinggal di Ancol, Sugiyono mengaku tidak mengetahui apa kegiatan dan profesi Totok. Hanya, Sugiyono mengungkapkan jika dilihat penampilan Totok seperti seorang pekerja pabrik.

"Penampilannya biasa saja, orang pakaiannya juga biasa aja kayak orang kerja pabrik, kayak kuli panggul aja biasa. Tapi saya nggak tahu kalau profesi dia itu apa," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, Totok Santoso Hadiningrat dan Fanni Aminadia yang mengklaim sebagai raja dan permaisuri di Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah telah ditahan oleh polisi. Keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus penipuan.

Usai penangkapan 'raja dan ratu' di Purworejo itu, satu per satu fakta terungkap. Salah satunya adalah terkait rekam jejak Totok.

Pria tersebut diketahui pernah tinggal di kawasan Ancol, Jakarta Utara dan mempunyai masalah utang piutang senilai Rp1,3 miliar dengan pihak bank.

"Menurut keterangan ketua RT 012, yang bersangkutan ada utang di bank sampai R1,3 miliar," kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto, Kamis (16/1). (*)

 Sumber : Suara.com /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 21 Januari 2020 - 13:52:15 WIB

    Totok Akhirnya Mengaku Jika Dia Adalah Raja Palsu

    Totok Akhirnya Mengaku Jika Dia Adalah Raja Palsu NASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Raja Keraton Agung Sejagat Totok Santoso mengakui kerajaan yang dibuatnya fiktif. Bahkan, dia juga mengatakan janjinya kepada pengikut Keraton Agung Sejagat juga fiktif. Untuk itu, dia meminta ma.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM