Kapal Asal China Fu Yuan Yu 831 Tenggelam di Kupang


Jumat, 17 Januari 2020 - 13:50:03 WIB
Kapal Asal China Fu Yuan Yu 831 Tenggelam di Kupang Ilustrasi

KUPANG, HARIANHALUAN.COM - Kapal nelayan asal China Fu Yuan Yu 831 yang disita negara dalam kasus pencurian ikan tenggelam di sekitar Perairan Pulau Seumau, Kupang, NTT. Kapal itu tenggelam karena diduga mengalami korosi.

"Iya betul, kapal sitaan negara dan diamankan di sekitar Pulau Semau sejak 2017, sekitar Desember 2019 mulai kemasukan air hingga saat ini tenggelam," kata Kepala Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kupang, Mubarak, yang dikutip dari Antara, Jumat (17/1/2020).

Dia menduga kapal bertonase 598 GT itu tenggelam akibat kondisi plat kapal yang mengalami penipisan dan keropos sehingga air laut mulai masuk ke dalam kapal. Seyogyanya, lanjut dia, kapal besi harus di-docking setiap tahun untuk mengganti plat kapal yang sudah keropos.

"Kemudian ditambah lagi dengan cuaca musim barat dan hujan sehingga bisa menyebabkan tenggelamnya kapal," ungkapnya.

Dia menjelaskan, sebelumnya, pihak Kejaksaan Negeri Kupang berencana melelang kapal tersebut setelah proses hukum selesai dilakukan. Namun Kementerian Kelautan dan Perikanan meminta agar dimanfaatkan dan rencananya dijadikan museum dan dipindahkan ke Pangandaran, Pulau Jawa.

"Namun sampai saat ini belum dipindahkan dan dimanfaatkan hingga kapal tenggelam dengan sendrinya," katanya.

Kapal China Fu Yuan YU 831 ditangkap petugas PSDKP Kupang pada akhir November 2017 saat mencuri ikan di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di wilayah perbatasan negara dengan Timor Leste.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 17 Maret 2020 - 09:28:41 WIB

    Tegas! Bupati 'Halau' Kapal Pesiar Australia Masuk Kobar Kalteng

    Tegas! Bupati 'Halau' Kapal Pesiar Australia Masuk Kobar Kalteng JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng) menolak kedatangan kapal pesiar dari Australia yang berisi rombongan wisatawan. Penolakan itu untuk mencegah penyebaran.
  • Ahad, 15 Maret 2020 - 11:10:55 WIB

    Halau Pencuri Ikan, Kapal Pengawas Bakal Dilengkapi Water Cannon

    Halau Pencuri Ikan, Kapal Pengawas Bakal Dilengkapi Water Cannon BANDUNG, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan melengkapi kapal pengawas dengan water cannon untuk menghalau kapal-kapal asing yang melakukan pencurian ikan di perairan Indonesia..
  • Selasa, 10 Maret 2020 - 18:01:24 WIB

    57 WNI Terjebak Corona di Kapal Pesiar di AS, 700 Penumpang Positif Terinfeksi

    57 WNI Terjebak Corona di Kapal Pesiar di AS, 700 Penumpang  Positif Terinfeksi BOGOR, HARIANHALUAN.COM - Ribuan orang terjebak di dalam sebuah kapal pesiar yang berlabuh di pantai California, Amerika Serikat (AS), karena kekhawatiran wabah virus Corona. Dari ribuan orang ini, di dalamnya termasuk 57 WNI.
  • Sabtu, 29 Februari 2020 - 18:12:48 WIB

    Menko PMK : WNI dari 2 Kapal Pesiar Diobservasi Terpisah

    Menko PMK : WNI dari 2 Kapal Pesiar Diobservasi Terpisah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, WNI dari dua kapal pesiar tersebut akan diobservasi secara terpisah. Secara teknis akan ada d.
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 14:43:01 WIB

    Pasukan Katak Diterjunkan Jaga 188 WNI ABK Kapal World Dream 

    Pasukan Katak Diterjunkan Jaga 188 WNI ABK Kapal World Dream  JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 763 personel gabungan TNI dan Polri disiagakan selama masa observasi pencegahan virus corona terhadap 188 WNI ABK Kapal World Dream di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM