UMMY Solok Gelar Acara Pembekalan Dasar Kepemimpinan


Jumat, 17 Januari 2020 - 15:14:41 WIB
UMMY Solok Gelar Acara Pembekalan Dasar Kepemimpinan Pembekalan tentang dasar kepemimpinan bagi mahasiswanya Jumat (17/1) di kampus UMMY Solok. ALFIAN

SOLOK, HARIANHALUAN.COM - Rektor UMMY Solok, Syahro Ali Akbar mengatakan, menjadi seorang pemimpin itu haruslah jujur dan bertanggung jawab, baik terhadap keuangan yang dikelola maupun terhadap organisasi yang dipimpin.

“Banyak orang merebut pucuk pimpinan hanya untuk popularitas dan gagah- gagahan, pada hal jauh dari itu yakni untuk memajukan suatu unit kerja maupun organisasi yang dipimpinnya,” ujar Syahro Ali Akbar ketika membuka pembekalan tentang dasar kepemimpinan bagi mahasiswanya Jumat (17/1) di kampus UMMY Solok.

Kriteria menjadi seorang leadership itu sebenarnya cukup banyak, namum yang paling utama itu kejujuran, keihklasan dan bertanggung jawab, apalagi masalah keuangan. Rp1.000 perakpun harus dipertanggung jawabkan dimata organisasi dan masyarakat.

Tanggung jawab seorang pemimpin itu bukan hanya kepada masyarakat dan organisasi yang dipimpin malahan juga sampai akhirat. Diakhirat nanti juga dipertanggung jawabkan atas apa yang diperbuat untuk masyarakat dan organisasi.

Oleh karenanya sambung Rektor UMMY ini, jika seseorang yang ingin maju sebagai pemimpin hendaklah menanyai diri sendiri terlebih dahulu, apakah punya waktu yang banyak, keuangan dan rasa keadilan. Jangan jadi pemimpin itu berat sebelah bahkan hampir tidak ada waktu untuk mengurus organisasi.

Jika itu yang terjadi sudah jelas organisasi yang dipimpin jalan ditempat bahkan jauh dari itu bisa gulung tikar karena tidak peduli dengan organisasi yang dipimpin.

Selain itu, hal lain yang perlu menjadi perhatian bagi seorang pemimpin adalah sifat ketauladanan, ucapan dan prilaku harus menjadi contoh ditengah- tengah masyarakat.

Ketua Yayasan Prof Mahaputra Muhammad Yamin, diwakili Hendri Irawan saat membuka latihan dasar kepemimpinan menyebutkan, di kampus merupakan salah satu wadah tempat belajar menjadi seorang pemimpin. Banyak organisasi di kampus yang bisa melatih diri agar bisa memupuk karakter agar menjadi pemimpin yang baik. (h/alf)

loading...
Reporter : Alfian /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 14 April 2020 - 13:01:45 WIB

    UMMY Solok Dapat Gelontoran Dana Rp2,6 Miliar dari Kemenristek Dikti

    UMMY Solok Dapat Gelontoran Dana Rp2,6 Miliar dari Kemenristek Dikti SOLOK, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah melalui Kementrian riset teknologi Pendidikan tinggi (Kemenristek Dikti) menggelontorkan dana sebesar Rp2,6 miliar lebih ke UMMY Solok tahun akademik 2019/2020 ini. Dana yang dialokasikan.
  • Selasa, 11 Februari 2020 - 13:42:07 WIB

    Afrahamiryano Resmi Jadi Dekan FKIP UMMY Solok

    Afrahamiryano Resmi Jadi Dekan FKIP UMMY Solok SOLOK, HARIANHALUAN.COM - Afrahamiryano resmi menjabat sebagai Dekan FKIP UMMY Solok menggantikan Dekan lama Rosmiati setelah dilantik dan diambil sumpahnya oleh Rektor UMMY Solok, Syahro Ali Akbar, Selasa (11/2) di kampus UM.
  • Jumat, 24 Januari 2020 - 18:21:14 WIB

    UMMY Solok Bantu Lima Dosen yang Mengkuti Pendidikan S3

    UMMY Solok Bantu Lima Dosen yang Mengkuti Pendidikan S3 SOLOK, HARIANHALUAN.COM-UMMY Solok memberikan bantuan terhadap 5 orang dosennya yang mengikuti pendidikan S3 tahun akademik 2019/ 2020.
  • Selasa, 19 November 2019 - 14:02:22 WIB

    UMMY Solok Gelar Wisuda ke- 53

    UMMY Solok Gelar Wisuda ke- 53 SOLOK, HARIANHALUAN.COM - Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok kembali mewisuda lulusannya sebanyak 97 orang di gedung Kubung Tigo Baleh Kota Solok Selasa(19/11). Wisuda ke- 53 itu selain dari program sarjana jug.
  • Senin, 23 September 2019 - 23:31:47 WIB

    Ini Pesan Ketua Yayasan, Suryadi Azmi Kepada Mahasiswa Baru UMMY

    Ini Pesan Ketua Yayasan, Suryadi Azmi Kepada Mahasiswa Baru UMMY SOLOK, HARIANHALUAN-COM – Rektor UMMY Solok Prof. DR. Ir. Syahro Ali Akbar, MP meminta kepada mahasiswa baru UMMY Solok untuk menanamkan tekat menjadi seorang mahasiswa yang memiliki intelektualitas yang baik, karena mahasi.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]