Nagari Campago Kampung Dalam Kota Pariaman Butuh Irigasi


Jumat, 17 Januari 2020 - 16:00:54 WIB
Nagari Campago Kampung Dalam Kota Pariaman Butuh Irigasi SALURAN air untuk sawah petani yang belum tersentuh pembangunan irigasi secara teknis di Tampaik Korong Kp Tanjuang. TRISNALDI

PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pembangunan irigasi, masih menjadi topik utama program kerja fisik Pemerintahan Nagari Campago Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman tahun 2020.

Wali Nagari Campago, Sumarjon, Jumat (17/1-2020) kepada harianhaluan.com, bertani masih menjadi mata pencarian sebagian besar warga di nagari ini.

Sumarjon didampingi Sekretaris Nagari, Ilfo Azri menyebut, ada sekitar 6.400 hektare sawah di nagari ini, umumnya ditanami padi oleh petani.

Dari kondisi luasan hektare sawah itu, irigasi teknis sangat dibutuhkan sebagai sarana penjaga kelancaran pasokan air ke sawah.

“Kebutuhan saluran irigasi teknis masih dibutuhkan sekitar 40 persen lagi, dan itulah yang diupayakan dari tahun ke tahun melalui dana desa,” kata Sumarjon.

Saluran irigasi permanen yang akan dibangun tahun ini ada di Tampaik korong kampuang tanjuang, bukik caliak, bukik caliak rawang dan korong kampuang dalam.

Irigasi yang akan dibangun itu berdasarkan permintaan masyarakat setelah rembuk korong. Rencana RABnya sudah selesai, tinggal lagi singkronisasi anggaran pemberdayaan dengan pembangunan. (h/tri)

 

 

loading...
Reporter : Trisnaldi /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]