Banjir Bandang Malalo, Zuldafri Darma Bersama Kepala BPBD Tinjau Lokasi Bencana


Jumat, 17 Januari 2020 - 18:48:04 WIB
Banjir Bandang Malalo, Zuldafri Darma Bersama Kepala BPBD Tinjau Lokasi Bencana Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma bersama Kepala BPBD Tamrin Basrul dan tokoh masyarakat, meninjau lokasi terjadinya bencana alam di Nagari Padang Laweh Malalo. FERI MAULANA

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Banjir bandang yang melanda Jorong Tanjuang Sawah Nagari Padang Laweh Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, Jum'at (17/1) dini hari, merusak sejumlah bangunan dan fasilitas masyarakat. Diantaranya terdiri dari enam unit rumah, satu unit toko dan satu bengkel motor warga, selain itu banjir juga menghanyutkan satu mobil dan satu sepeda motor dan puluhan ekor ternak warga.

Pemda Tanah Datar meninjau langsung, Wakil Bupati Zuldafri Darma bersama Kepala BPBD Thamrin Basrul turun ke lokasi bencana yang merusak delapan bangunan tersebut, Wabup saat itu memberi arahan penanggalungan bencana kepada korban bencana dan warga sekitar bencana.

Untuk penanggulangan di lokasi saat ini, petugas gabungan, diantaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Datar, TNI dan Polri bersama masyarakat setempat melakukan pembersihan material longsor yang menutupi jalan utama nagari Guguak Malalo menuju Kabupaten Solok.

"Alat berat dari tim teknis yang berasal dari lintas instansi, baik provinsi maupun kabupaten saat ini masih membersihkan material lumpur yang menutupi badan jalan dan tim gabungan juga membersihkan material di rumah warga yang tertimbun lumpur, Insya Allah untuk akses jalan sore ini sudah bisa dilewati," kata wabup.

Dari pantauan harianhaluan.com di lapangan, warga korban banjir bandang telah diungsikan ke tempat yang lebih aman dan tim gabungan bersama warga telah mendirikan posko dan dapur umum menggunakan tenda-tenda, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Sementara arus sungai yang menyebabkan terjadinya banjir itu kini terlihat sudah surut, mengingat kondisi hingga Jumat sore masih diguyur hujan, masyarakat sekitar masih waspada dan melakukan langkah-langkah antisipasi berupa mengemas barang-barang berharga mereka. Jika sewaktu-waktu banjir kembali datang, korban materi bisa diminimalisir
 

Saat penijauan langsung tersebut, Wabup juga mengimbau warga sekitar untuk menjauhi lokasi bencana karena dikhawatirkan masih ada banjir susulan dan kepada warga yang menjadi korban, ia berpesan untuk tabah dan sabar menghadapi musibah itu. (h/fma)

 

Reporter : Feri Maulana /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 26 Februari 2020 - 06:48:41 WIB

    Bukan Air Kiriman! Ternyata Ini Biang Kerok Banjir di Jakarta

    Bukan Air Kiriman! Ternyata Ini Biang Kerok Banjir di Jakarta JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Agraria dan Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mengungkapkan penyebab wilayah Jakarta dan sekitarnya rentan banjir setiap kali hujan deras. Salah satu alasan terkuat ya.
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 19:17:49 WIB

    Banjir Surut, KA Bandara Soekarno-Hatta Kembali Beroperasi

    Banjir Surut, KA Bandara Soekarno-Hatta Kembali Beroperasi JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-PT. Railink Indonesia memastikan KA Bandara Soekarno-Hatta telah kembali melayani penumpang, setelah sempat terganggu dikarenakan dampak banjir yang mengakibat operasional KA Bandara tersendat. .
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 18:45:54 WIB

    Jakarta Banjir Lagi, Anes Baswedan Kembali Dikritik

    Jakarta Banjir Lagi, Anes Baswedan Kembali Dikritik JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-- Jakarta kembali terendam banjir karena imbas hujan deras. Kebijakan revitalisasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menuai kritik..
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 12:52:07 WIB

    Dituding Jadi Penyebab Banjir, Warga Serang Mall di Jakarta

    Dituding Jadi Penyebab Banjir, Warga Serang Mall di Jakarta JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Sejumlah warga menggeruduk Mal AEON JGC Cakung, Jakarta Timur, siang ini. Penyerangan dilakukan karena massa menuding mal tersebut sebagai penyebab banjir. .
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 10:35:39 WIB

    Begini Penampakan Istana Kepresidenan Kebanjiran

    Begini Penampakan Istana Kepresidenan Kebanjiran JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Hujan dengan intensitas tinggi yang berlangsung sejak Sinin (24/2/2020) hingga Selasa (25/2/2020) menyebabkan beberapa wilayah di Jakarta kebanjiran, termasuk di kawasan istana kepresidenan Jakarta.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM