Siaga Bencana, Dinsos Padang Rekrut Tim Reaksi Cepat


Jumat, 17 Januari 2020 - 20:16:32 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Soial (Dinsos) Kota Padang berencana akan membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC). TRC tersebut nantinya bakal bertugas memberikan pelayanan cepat terhadap penanganan bencana alam maupun bencana sosial di Kota Bingkuang.

Sekretaris Dinas Sosial Kota Padang, Yoserizal mengatakan, beragam bencana silih berganti menerjang Kota Padang. Yakni, banjir, longsor, angin puting beliung, hingga pohon tumbang, bergiliran datang. Sejalan dengan itu, pihaknya akan membentuk TRC untuk membantu penanggulangan bencana.

Dengan adanya TRC, kata Yoserizal, diharapkan dapat memudahkan warga dalam menyampaikan informasi bencana, serta membantu warga untuk menyampaikan ke Dinas Sosial. TRC tersebut berasal dari anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana). Namun dalam perekrutannya dilakukan seleksi terlebih dahulu.

"Memang kita tahun ini ada kuota untuk pembentukan anggota tim reaksi cepat atau TRC, itu hanya untuk 20 orang saja. Anggota kita seleksi dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Padang," ujar Yoserizal, baru-baru ini.

Untuk Kota Padang, sambung Yoserizal, anggota Tagana berjumlah sekitar 300 orang lebih, yang tersebar di 11 Kecamatan di Kota Padang. Tagana memiliki tugas dalam penanganan kebencanaan yakni sebelum bencana, disaat bencana, dan pasca bencana.

Dengan adanya tenaga terlatih dari unsur masyarakat diharapkan dapat mempercepat mobilisasi bantuan sosial secara efektif. Selain itu, Tagana juga merupakan upaya peningkatan kapasitas dalam kesiapsiagaan masyarakat untuk menghadapi bencana.

"Pada umumnya dalam melaksanakan tugas di lapangan, Tagana berperan dalam mendirikan posko dapur umum, tenda penyelamatan, dan mengidentifikasi korban," jelas Yoserizal. (*)

 Editor : Milna


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 28 Januari 2020 - 22:22:06 WIB

    Apel Besar Siaga Bencana, Mahyeldi: Penguatan Pilar-Pilar Sosial Harus Ditingkatkan

    Apel Besar Siaga Bencana, Mahyeldi: Penguatan Pilar-Pilar Sosial Harus Ditingkatkan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Eksistensi pilar-pilar sosial sebagai ujung tombak dalam memberikan dukungan dan kontribusi nyata kepada masyarakat harus terus diperkuat. Terutama dalam penanganan bencana alam, bencana sosial dan.
  • Jumat, 20 Desember 2019 - 13:32:40 WIB

    Siaga Nataru, PLN UIW Sumbar Siapkan Ribuan Petugas

    Siaga Nataru, PLN UIW Sumbar Siapkan Ribuan Petugas PADANG, HARIANHALUAN.COM -- PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar menyiagakan personel jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Setidaknya, ribuan personel dipersiapkan untuk melayani masya.
  • Kamis, 13 Juli 2017 - 19:07:33 WIB

    Sabtu Ini JK ke Padang, 600 Anggota Polresta Disiagakan

    Sabtu Ini JK ke Padang, 600 Anggota Polresta Disiagakan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla dijadwalkan bakal datang ke Kota Padang pada Sabtu (15/7). Sesuai prosedur, JK akan mendapatkan pengawalan ekstra dari aparat keamanan selama kunjung.
  • Selasa, 11 Juli 2017 - 10:57:53 WIB

    Atasi Kemacetan, Pemko Mesti Siagakan Petugas di Bypass

    Atasi Kemacetan,  Pemko Mesti Siagakan Petugas di Bypass PADANG, HARIANHALUAN.COM- Anggota DPRD Sumbar asal Daerah Pemilihan (Dapil) I Kota Padang, Taufik Hidayat meminta kemacetan lalu lintas yang terjadi di sejumlah titik jalur dua Bypass Kota Padang agar tidak dibiarkan oleh p.
  • Selasa, 15 November 2016 - 23:54:38 WIB
    DIRGAHAYU KE-71 KORPS MARINIR

    Komitmen Siaga untuk Bangsa dan Negara

    Komitmen Siaga untuk Bangsa dan Negara PADANG, HALUAN — Usai sudah Perayaan Dirgahayu ke-71 Korps Marinir, yang dise­lenggarakan Bataliyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yon­marhanlan) II Padang sejak 5-15 November. Agenda yang bermuatan perlombaan dan aktivita.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM