Tingkatkan Produksi Pertanian, Kodim 0304 Agam Bantu Kelompok Tani Di Nagari Gadut


Jumat, 17 Januari 2020 - 22:57:53 WIB
Tingkatkan Produksi Pertanian, Kodim 0304 Agam Bantu Kelompok Tani Di Nagari Gadut Kelompok Tani Wanita Sepakat Nagari Gadut menyiramkan Bios 44 bantuan dari Kodim 0304 Agam, Jumat (17/1). YURSIL.

AGAM,HARIANHALUAN.COM-Untuk meningkatkan hasil produksi padi, Kodim 0304 Agam kembali mensosialisasikan manfaat cairan Bios 44 kepala Kelompok Tani Wanita Sepakat, Nagari Gadut di areal Persawahan Jorong III Kampuang Nagari Gadut, Kec. Tilatang Kamang, Jumat (17/1).

Pada sosilisasi tersebut Kodim 0304 Agam menyerahkan cairan Bios 44 sebanyak 20 liter untuk disiramkan terhadap rumpun padi yang telah berumur 2 bulan.

Perwira Seksi Teritorial Kodim 0304 Agam, Kapten Infantri Chairul Muhammad mengatakan, Bios 44 telah terbukti efektif untuk menyuburkan tanah karena berasal dari gabungan simbiosis mutualisme dalam bentuk larutan yang sudah di formulasi. Saat ini Bios 44 telah mampu memberi dampak yang baik terhadap para petani.

"Bios 44 itu, ditemukan awalnya oleh Bapak Danrem kita sewaktu mengatasi kebakaran lahan gambut di Sumatera Selatan, sebab lahan gambut jika sudah terbakar akan susah padamnya," kata Chairul didampingi Babinsa Nagari Gadut Serma Edi Suyadi dan Sertu Edi Torial kepada Haluan.

Temuan tersebut tambahnya, kemudian terus dikembangan sehingga menghasilkan sebuah produk yang diberi  nama Bios 44. Selain ramah lingkungan, Bios 44 dapat meningkatkan hasil pertanian, perkebunan dan perikanan. Bios 44 itu bukan pupuk tetapi berupa suplemen atau vitamin bagi tanaman. Selain itu, Bios 44 bisa juga dikombinasikan dengan pupuk lain, karena sifat Bios 44 bukan pesaing bagi pupuk yang telah ada.

"Rumpun padi yang telah disiram Bios 44 akan menjadi besar, subur dan daunnya akan menghijau sehingga akan meningkatkan produksi padi," terangnya.

Bagi masyarakat yang berminat terhadap Bios 44 dapat menghubungi kantor Koramil terdwkat atau kantor Kodim.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Wanita Sepakat Nagari Gadut, Neldawilis atau lebih dikenal Ponen mengatakan, sejak setahun lalu kelompok taninya telah menerima bantuan Bios 44 dari Kodim 0304 Agam.

Penggunaan Bios 44 bagi kelompk taninya, tidak hanya digunakan untuk tanaman padi saja, namun digunakan untuk tanaman buah Naga dan Ubi Jalar.

"Bantuan yang diterima kali ini sebanyak 20 liter, selama ini Bios 44 telah banyak membantu meningkatkan hasil pertanian, baik padi, buah Naga maupun Ubi Jalar. Baru baru ini hasil panen buah Naga kami meningkat dari sebelumnya, biasanya sekali panen hasilnya 50 kg tapi setelah memakai Bios 44 hasilnya meningkat menjadi 75 kg sekali panen," ungkap Ponen.(h/ril).

Reporter : YURSIL /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]