Dicopot  dari Dirut TVRI, Helmy Yahya Melawan! 


Jumat, 17 Januari 2020 - 23:53:11 WIB
Dicopot  dari Dirut TVRI, Helmy Yahya Melawan!  Helmy Yahya menggelar konferensi pers Jumat (17/1/2020). (Sindonews)

JAKARTA,HARIANHAUAN.COM- Helmu Yahya menolak tegas keputusan Dewan Pengawas yang memberhentikannya sebagai Dirut TVRI. Bersama kuasa hukumnya Candra Hamzah,  kini Helmy mempersiapkan perlawan  dan langkah hukum.

 "Kami sudah mempelajari. Kami sedang menyiapkan (langkah-langkah hukum-red), dalam waktu dekat akan kami sampaikan," ujar kuasa hukum Helmy Yahya, Chandra Marta Hamzah,  Jumat (17/1/2020). 

Baca Juga : Melalui Si Jadoel, Inovasi untuk Tingkatkan Pemahaman Peserta JKN – KIS di Masa Pandemi

Chandra  yang juga mantan pimpinan KPK itu   mempertanyakan pengangkatan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama TVRI oleh Dewan Pengawas pasca pemberhentian Helmy Yahya.

Terlebih, sambung dia, dalam peraturan tidak disebutkan bahwa Dewan Pengawas mempunyai kewenangan mengangkat Plt. "Dalam aturannya, Dewan Pengawas hanya berwenang mengangkat dan memberhentikan direksi," katanya.

Baca Juga : Ketua KNPI Padang: Pemuda harus Lebih Aware dengan Jaminan Kesehatan dan Dukung Program Mulia JKN – KIS

Kemudian, surat pemberhentian Helmy Yahya tertulis kalimat pemberhentian dengan hormat. Menurut dia, kalimat itu menimbulkan pertanyaan karena kata pemberhentian dengan hormat tidak dikenal dalam TVRI. 

Selain itu jika memang diberhentikan dengan hormat, maka artinya tidak ada kesalahan yang dilakukan Helmy Yahya. "Ini kontradiktif dengan surat pemberhentian yang dilakukan Dewan Pengawas," kata Chandra.

Pemberhentian Helmy tercantum dalam Surat Dewan Pengawas (Dewas) TVRI Nomor 8/Dewas/TVRI/2020 yang ditandatangani Ketua Dewas, Hidayat Thamrin, Kamis 16  Januari 2020.(*).
 

Editor : Dodi | Sumber : Sindonews.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]