Berpotensi Hujan Lebat Hingga Angin Kencang, BMKG Peringatkan Sumbar Waspada Banjir dan Longsor


Sabtu, 18 Januari 2020 - 04:27:21 WIB
Berpotensi Hujan Lebat Hingga Angin Kencang, BMKG Peringatkan Sumbar Waspada Banjir dan Longsor Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Prakiraan cuaca mulai dari Jumat (17/1/2020) hingga Kamis (23/1/2020) nanti wilayah Sumatera Barat perlu waspada terjadi hujan dengan intensitas lebat yang disertai dengan angin kencang.

Diprakirakan hujan masih terus terjadi dengan intensitas yang bervariasi, mulai dari ringan, sedang, hingga lebat. Masih perlu diwaspadai hujan dengan intensitas lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang.

Dilansir dari grup WhatsApp resmi BMKG, Deputi Bidang Meteorologi, saat sirkulasi siklonik di sekitar Selat Karimata masih teridentifikasi aktif dan menyebabkan terbentuknya pola konvergensi, serta belokan angin yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia bagian barat.

"Tingkat labilitas udara yang signifikan juga cukup berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di sebagian Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua," kata Drs. R. Mulyono R. Prabowo M.Sc, kemarin.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan kedepan, curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir pada periode 17-19 Januari 2020 berpotensi terjadi wilayah, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Kemudian, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Sementara periode 20-23 Januari 2020 yakni, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua

Berdasarkan Peta Prakiraan Berbasis Dampak Hujan Lebat di Indonesia, perlu diwaspadai potensi banjir/longsor untuk 3 hari ke depan (17-19 Januari 2020) di wilayah, Sumatera Barat (siaga), Sumatera Selatan (siaga), Jambi (siaga), Bengkulu (siaga), Jawa Barat (Siaga), Aceh (Waspada), Sumatera Utara (Waspada), Lampung (Waspada), Jawa Tengah (Waspada), Jawa Timur (Waspada), dan Sulawesi Selatan (Waspada).

Potensi hujan lebat di wilayah Jabodetabek (17-19 Januari 2020) perlu diwaspadai di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi, Depok dan Bogor.

Mulyono Prabowo mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin .

"Selain itu, kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau agar selalu waspada," imbau Mulyono Prabowo.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui call center 021-6546315/18, http://www.bmkg.go.id, follow media sosial @infoBMKG, aplikasi iOS dan android "Info BMKG", atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (*)

 Editor : Milna


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 23 Januari 2020 - 20:50:54 WIB

    Objek Wisata Alam Sungai Dadok Berpotensi Dikembangkan

    Objek Wisata Alam Sungai Dadok Berpotensi Dikembangkan LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM—Dana desa/nagari yang tersedia di nagari telah mampu membuat pemerintahan nagari bersama perangkatnya untuk mengembangkan objek wisata, termasuk Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh. Ob.
  • Selasa, 14 Januari 2020 - 20:04:22 WIB

    Pupuk Langka di Pasbar, Petani Berpotensi Gagal Panen

    Pupuk Langka di Pasbar, Petani Berpotensi Gagal Panen PASBAR, HARIANHALUAN.COM  - Gonjang ganjing tentang kelangkaan pupuk bersubsidi di wilayah Pasbar membuat para petani menjadi gerah. Pasalnya petani harus membeli pupuk non subsidi dengan harga yang mahal. .
  • Rabu, 25 Desember 2019 - 08:35:14 WIB

    Peringatan Dini Cuaca Rabu Ini, 6 Wilayah di Sumbar Berpotensi Hujan Petir

    Peringatan Dini Cuaca  Rabu Ini, 6 Wilayah di  Sumbar Berpotensi  Hujan Petir PADANG,HARIANHALUAN.COM-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini di sejumlah provinsi yang ada di Indonesia, Rabu (25/12/2019).  Wilayah Sumatera Barat (Sumbar)  termasuk dalam 15 provinsi .
  • Rabu, 06 November 2019 - 13:36:09 WIB

    LIPI Siap Patenkan Aplikasi Pendeteksi Gempa Berpotensi Tsunami

    LIPI Siap Patenkan Aplikasi Pendeteksi Gempa Berpotensi Tsunami PADANG, HARIANHALUAN.COM - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengeluarkan aplikasi yang berfungsi untuk mengetahui gempa bumi berpotensi tsunami. Aplikasi tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat supaya dapat meng.
  • Selasa, 06 Agustus 2019 - 16:51:59 WIB

    Kawasan LBS Sawahlunto Berpotensi untuk Dikelola

    Kawasan LBS Sawahlunto Berpotensi untuk Dikelola SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Kawasan peternakan sapi milik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), di bawah bendera PT Lembu Betina Subur masih memiliki potensi untuk dikelola dan dimanfaatkan masyarakat. Setidaknya dengan membuka.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM