Bersiaplah! Rehsos Butuh 795 Pekerja Sosial dan 106 Penyuluh Sosial


Sabtu, 18 Januari 2020 - 04:40:17 WIB
Bersiaplah! Rehsos Butuh 795 Pekerja Sosial dan 106 Penyuluh Sosial Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Edi Suharto

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Edi Suharto menjadi salah satu Pembicara pada kegiatan Persiapan Pola Pembibitan Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekesos Bandung tahun 2020 di The Luxton Cirebon Hotel & Convention Kota Cirebon. Pada kesempatan tersebut, Edi memaparkan tentang Analisis Kebutuhan SDM Pekerja Sosial (Peksos) di Lingkungan Ditjen Rehsos. 

"Ditjen Rehsos mempunyai 1.986 orang pegawai, 50,3 % dari total pegawai Kemensos. Proporsi jabatan fungsional  Ditjen Rehsos Desember 2019 yakni Peksos sebesar 25.7 %,  Penyuluh Sosial (Pensos) sebesar 7.3%, Arsiparis sebesar 5.7 %,  Perawat sebesar 4.1%, Perencana sebesar 4.1%, Pranata Komputer sebesar 3.6 %, Instruktur 3%, Fisioterapis sebesar 1.3%, Dokter sebesar 0.4 % dan 1.8 % profesi lainnya," kata Edi. Dari gambaran pegawai tersebut jumlah pekerja sosial masih dominan di Ditjen Rehsos, dikutip dari laman resmi Kemensos RI, Sabtu (18/1/2020).

Selanjutnya Dirjen Rehsos menyampaikan bahwa total Peksos yang dibutuhkan 1.306 orang, sementara total Peksos yang telah disebar 511 orang,  masih kurang 795 peksos. Total Pensos yang dibutuhkan 174 orang, sementara total Pensos  yang telah disebar 68 orang, masih kurang 106 orang.

"Intinya, terkait dengan pembibitan, nanti ditetapkan saja berapa kebutuhan di unit kerja, misal di Rehsos berapa orang. Ini lebih ke nuansa kebijakan, karena user-nya ada di kita," ujar Edi.

"Diperlukan diskusi lebih lanjut dengan Kemenpan RB untuk menentukan slot di Poltekesos. Ini tergantung dengan perencanaan kepegawaian di Kemensos," kata Edi lebih lanjut.

Kegiatan Persiapan Pola Pembibitan Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekesos Bandung tahun 2020 ini  Menghadirkan beberapa narasumber yaitu Dirjen Rehsos  Edi Suharto, Dirjen Dayasos Papan Nazarudin, Staf Ahli Menteri (SAM) bidang Perubahan dan Dinamika Sosial Asep Sasa Purnama, SAM bidang Aksesibilitas Sosial Sonny W. Manalu, Kepala Biro Perencanaan Adhy Karyono,  Inspektur Jenderal Dadang Iskandar serta Sekretaris Badiklit Pensos Harapan Lumban Gaol. 

Sebanyak 183 peserta hadir pada kegiatan ini. Peserta merupakan tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan Poltekesos Bandung. (*)

loading...
 Sumber : Kemensos RI /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]