Kenapa Cowok-cowok kalau Duduk Suka Ngangkang?


Sabtu, 18 Januari 2020 - 11:51:50 WIB
Kenapa Cowok-cowok kalau Duduk Suka Ngangkang? Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Para pengguna commuter line pasti sering mengalami. Susah cari tempat duduk, bukan karena penuh sesak tetapi karena banyak yang duduknya ngangkang sehingga makan tempat. Nyebelin ya?

Walaupun ada juga penumpang wanita yang melakukannya, pelakunya memang lebih banyak laki-laki. Apakah karena faktor anatomis, ada yang mengganjal di tengah sehingga tidak bisa dirapatkan?

"Pada kebanyakan orang duduk ngangkang karena kebiasaan saja. Nggak ada kaitannya dengan alasan ada yang mengganjal," kata ahli ortopedi dan traumalogi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, Dr dr Andri Lubis, SpOT(K).

Menurut dr Andri, ada banyak kemungkinan seseorang duduk dengan membuka kaki lebar-lebar. Salah satunya, mungkin ada masalah orthopedi yang membuatnya tidak nyaman duduk dengan posisi tertentu.

"Bisa saja duduk ngangkang dilakukan karena ada masalah pada pinggul, mereka ngehindarin posisi yang bikin sakit," tambahnya.

Pada kebanyakan orang duduk ngangkang karena kebiasaan saja. Nggak ada kaitannya dengan alasan ada yang 'mengganjal'.
Dr dr Andri Lubis, SpOT(K) - dokter orthopedi RSCM

Saat kondisi kereta sedang penuh sesak, kebiasaan penumpang duduk ngangkang bagaimanapun cukup meresahkan. Banyak yang merasa terganggu karena space jadi semakin terbatas, sementara banyak juga yang butuh duduk karena kelelahan.

"Sering banget, ya aku tegur lah, kadang ada yang langsung geser, kadang ada juga yang malah marah balik, kalau nggak gitu gimana kita juga di sini semua pengen dapet tempat duduk Mbak," kata seorang pengguna KRL, Annisa Azzahra.

Ratih Zulhaqqi, MPsi, psikolog dari RaQQi - Human Development & Learning Centre lebih melihatnya sebagai sikap kompetitif. Karena perjalanan dengan KRL umumnya memakan waktu lama, maka orang akan berebut mencari tempat duduk paling nyaman. Seseorang duduk ngangkang sebagai pesan bahwa tempat duduk tersebut telah dikuasainya.

"Ngingetin boleh tapi kita nggak bisa maksa. Kalau kondisi kaya gitu iya udah berarti dia emang nggak mau berbagi dan itu haknya dia, selama dia duduk di kursi yang bukan prioritas, kita nggak bisa paksa," katanya.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]