Kerap Dihantam Abrasi, Pemko Padang Segera Bangun Pemecah Gelombang Lepas Pantai di TMP


Sabtu, 18 Januari 2020 - 20:46:35 WIB
Kerap Dihantam Abrasi, Pemko Padang Segera Bangun Pemecah Gelombang Lepas Pantai di TMP Kepala BPBD Kota Padang, Barlius saat rapat koordinasi dan tinjauan lapangan guna terkait upaya perbaikan abrasi Pantai Padang, Sabtu (18/1/2020).

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang Barlius mengatakan, lokasi yang butuh penanganan mendesak berada diruas pantai Muaro Lasak, tepatnya Tugu Merpati Padang (TMP).

Untuk menangani ini akan didesain konsep proteksi abrasi dengan memadukan engineering/kontruksi sipil dan vegetasi yang dapat menjaga aset wisata sekaligus sebagai mitigasi bencana.

"TPM diresmikan Presiden RI Joko Widodo 2016 bersamaan dengan evant IOLTF dan dihadiri sejumlah negara lautan Hindia, merupakan aset negara yang punya arti penting dan strategis, baik dibidang sosial, ekonomi serta politik yang harus kita jaga dan rawat," ujar Barlius saat rapat koordinasi dan tinjauan lapangan guna terkait upaya perbaikan abrasi Pantai Padang, Sabtu (18/1/2020).

Barlius menambahkan, untuk penanganan abrasi di sekitar tugu merpati akan dibuat Offshore Breakwater atau Pemecah Gelombang Lepas Pantai. Kemudian juga akan dilakukan dengan cara Soft Solution atau Non Struktur berupa penanaman pohon.

"Penanganan cara Soft Solution atau non struktural akan disiapkan oleh BPBD Kota Padang sementara untuk penanganan Offshore Breakwater atau Pemecah Gelombang Lepas Pantai akan dilaksanakan BWS Sumatera V. Konsep pembangunan tersebut akan dikembangkan sepanjang pantai padang secara bertahap dan diperiotitaskan untuk kawasan hutan pantai," harapannya.

Turut Hadir, Asisten Ekbangkesra Hermen Peri, Kadis PUPR Yenni Yuliza, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Arfian, Kabag Pemerintahan, Direktur Mitigasi Bencana BNPB Medi Herlianto, Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V, PT. Kunango Jantan dan PT. Turbo Bangun Indonesia serja sejumlah pimpinan lainnya. (*)

 Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 10 November 2016 - 00:42:53 WIB

    Lubang di Perlintasan Rel Lubuk Buaya Kerap Memicu Terjadinya Kecelakaan

    Lubang di Perlintasan Rel Lubuk Buaya Kerap Memicu Terjadinya Kecelakaan PADANG, HALUAN—Pe­ngen­dara yang melintasi rel kereta Api di Lubuk Buaya Padang, keluhkan lubang jalan yang begitu besar. Kondisi itu, telah lama dikeluhkan oleh pengendara khususnya warga Lubuk Buaya Padang..
  • Senin, 21 Maret 2016 - 05:02:39 WIB

    Puluhan Ton Kerapu Terancam Sia-sia

    PADANG, HALUAN – Nelayan pem­budidaya ikan kerapu di Sumbar akan kesulitan memasarkan produknya ke luar negeri menyusul larangan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Melalui SE No 721/DPB/PB.510.S4/II/2016, KKP melara.
  • Senin, 17 Agustus 2015 - 19:08:18 WIB

    Pasar Budidaya Ikan Kerapu Terancam

    PADANG, HALUAN — Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar menginginkan pemerintah pusat dan daerah mencarikan solusi atau ke­pas­tian untuk pemasaran ikan kerapu.

    Pa­sal­nya, pasca­mo­rato.

  • Ahad, 01 Maret 2015 - 19:05:36 WIB

    Truk Pengangkut CPO dan Pupuk Kerap Dijarah

    PADANG, HALUAN — Ruas jalan di Sumbar yang kerap dilalui angkutan barang, seperti Crude Palm Oil (CPO), pupuk dan komoditas lainnya, rawan tindak kejahatan. Sepanjang tahun 2015, diklaim sudah t.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]