Polda: Dana Mendirikan Keraton Agung Sejagat dari Anggota


Ahad, 19 Januari 2020 - 14:08:32 WIB
Polda: Dana Mendirikan Keraton Agung Sejagat dari Anggota Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Polda Jawa Tengah menyatakan sumber dana untuk mendirikan Keraton Agung Sejagat (KAS) di Desa Pogung Jurutengah, Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah berasal dari uang para anggota. Iuran yang dikumpulkan dari para anggota itu bervariasi, mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 110 juta. 

"Salah satu korban yang terpengaruh karena adanya kerajaan tersebut membuat kehidupan lebih makmur," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Iskandar F. Sutisna saat dihubungi Republika dari Jakarta, Ahad (19/1).

Ia mengatakan, para korban terpengaruh juga karena iming-iming akan mendapatkan anugerah dari Tuhan, mendapatkan jabatan dalam Keraton mulai dari maha patih, maha menteri, gubernur, lurah, punggawa dan sebagainya. Mereka juga dijanjikan akan dibuatkan seragam pasukan kerajaan.

Selain di Purworejo, Iskandar menambahkan KAS juga beroperasi di tiga kecamatan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. "Selebihnya, batu prasasti dan tempat pertemuannya ada di Kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten," kata dia.

Sebelumnya, keberadaan "Keraton Agung Sejagat" di Purwokerto, Jawa Tengah, telah membuat geger publik hingga berujung pada penetapan tersangka Totok Santosa dan Fanni Aminadia. Penangkapan tersebut didasari atas alasan bahwa mereka terbukti melakukan tindakan pidana berupa penipuan. Sejumlah barang bukti disita, termasuk dokumen yang diduga dipalsukan pelaku.

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Budi Gunawan mengatakan pihaknya telah lama mendeteksi keberadaan Keraton Agung Sejagat di Purworejo dan Sunda Empire di Kota Bandung, yang membuat geger publik. BIN menyerahkan proses penyelidikan kasus tersebut ke pihak kepolisian.

"Itu kami sudah lama mendeteksinya, tetapi baru muncul (ramai)," ujarnya kepada wartawan selepas acara pelantikan PB e-Sports,di Hotel Kempinski, Jakarta, Sabtu (18/1). (h/rep)

 Sumber : republka /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 06 Juni 2019 - 23:45:00 WIB

    Kapolda: Provokator dan Pembakar 87 Rumah di Buton akan Ditindak

    Kapolda: Provokator dan Pembakar 87 Rumah di Buton akan Ditindak BAUBAU, HARIANHALUAN.COM - Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra) Brigjen Iriyanto menegaskan akan menangkap pelaku pembakaran rumah warga buntut bentrok antarwarga di Desa Gunung Jaya, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton. Sel.
  • Kamis, 10 Januari 2019 - 02:26:27 WIB
    BUPATI PADANG PARIAMAN DATANGI MAPOLDA

    Kapolda: Penanganan Dugaan Kasus Tarok City Dipastikan Lanjut

    Kapolda: Penanganan Dugaan Kasus Tarok City Dipastikan Lanjut Irjen Fakhrizal memastikan, pertemuannya dengan Bupati Padang Pariaman tidak akan mempengaruhi proses hukum. Dia juga meminta agar tidak ada pihak yang memelintir pertemuan, seolah-olah persoalan Tarok City sudah clear saja d.
  • Senin, 20 Agustus 2018 - 11:41:20 WIB
    AL CHAIDAR MINTA MAAF

    Kapolda: Tak Benar Ada Ribuan Teroris di Sumbar

    Kapolda: Tak Benar Ada Ribuan Teroris di Sumbar Kapolda Sumbar, Irjen Fakhrizal memastikan pernyataan pengamat terorisme, Al Chaidar terkait adanya ribuan teroris di Sumbar tidak benar. Dari klarifikasi ke pihak Densus 88 Polri, Sumbar bukan daerah basis yang dihuni oleh .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM