Ini Biang Kerok Siswa Indonesia Sulit Berkompetisi


Senin, 20 Januari 2020 - 10:43:09 WIB
Ini Biang Kerok Siswa Indonesia Sulit Berkompetisi Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Direktur Uni Sadhu Guna (UBS) Reza Suriansha mengatakan sebagian besar siswa Indonesia lemah dalam kemampuan nonteknis atau soft skill. Dia mencontohkan, siswa Indonesia masih lemah dalam hal presentasi maupun manajemen waktu.

"Sebagian besar siswa Indonesia lemah dalam kemampuan nonteknis seperti presentasi. Ide bagus sekalipun akan percuma jika tidak bisa mempresentasikannya," ujar Reza, Ahad (19/1).

Dia menambahkan kelemahan akan kemampuan nonteknis tersebut, membuat siswa kesulitan untuk berkompetisi. Misalnya, untuk perekrutan tenaga kerja yang mana secara kemampuan teknis mumpuni tapi kemampuan nonteknis kurang sehingga tidak jadi direkrut.

Lemahnya kemampuan nonteknis itu pula, yang membuat siswa Indonesia yang melanjutkan pendidikan ke luar negeri mengalami hambatan pada tahun-tahun awal kuliah. Untuk itu, dia berharap kemampuan nonteknis tersebut dapat diajarkan di sekolah yang ada di Tanah Air.

Presiden Direktur dari Lembaga Pendidikan UBS Adhirama Gumay, mengatakan saat ini Indonesia memiliki total populasi sekitar 260 juta jiwa. Indonesia merupakan negara keempat di dunia dengan pertumbuhan populasi terbesar pada kelompok usia 12 hingga 18 tahun.

"Usia ini merupakan usia yang membutuhkan pondasi pendidikan yang mumpuni untuk mendapatkan kesempatan belajar di universitas di dalam atau luar negeri," kata Adhirama.

Adhirama menambahkan lembaga pendidikan memiliki tantangan untuk membekali siswa kemampuan nonteknis seperti keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kepemimpinan, kolaborasi, kemampuan beradaptasi, produktifitas dan akuntabilitas, serta inovasi.

Untuk membantu siswa yang ingin melanjutkan ke luar negeri, pihaknya memberikan solusi kepada orang tua dan siswa mulai dari persiapan dini yang mencakup bahasa, keterampilan hingga pembekalan akademik yang mana siswa mendapatkan pondasi yang matang apabila melanjutkan tingkat kesarjanaan.

"Hal ini akan efektif apabila pembekalan sudah dimulai dari jenjang SMP," kata Adhirama.(*)

 Sumber : Republika /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 03 April 2020 - 17:24:45 WIB

    Politeknik ATI Padang Umumkan Hasil Penjaringan Siswa Berbakat, Cek di Sini!

    Politeknik ATI Padang Umumkan Hasil Penjaringan Siswa Berbakat, Cek di Sini! PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Politeknik ATI Padang mengumumkan hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2020/2021. Pengumuman nama-nama calon mahasiswa baru yang diterima melalui Penjaringan Siswa Berbakat ini bi.
  • Kamis, 02 April 2020 - 21:30:34 WIB

    Mahasiswa UNP Kini Kuliah Melalui Siaran RRI

    Mahasiswa UNP Kini Kuliah Melalui Siaran RRI PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dalam rangka memberikan layanan pembelajaran kepada mahasiswa dalam masa siaga Covid 19, Universitas Negeri Padang (UNP) melakukan kerjasama dengan LPP RRI..
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 08:26:34 WIB

    Terbaru, Ini Kebijakan Kemendikbud untuk Para Siswa

    Terbaru, Ini Kebijakan Kemendikbud untuk Para Siswa JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim kembali mengeluarkan surat edaran khusus tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan di tengah wabah penyebaran virus corona (Covid-19)..
  • Rabu, 25 Maret 2020 - 18:35:00 WIB

    Terbatas Lahan, PUPR Bangun Rusunawa Mini untuk Ponpes

    Terbatas Lahan, PUPR Bangun Rusunawa Mini untuk Ponpes JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan melakukan inovasi pembangunan rumah susun sewa (Rusunawa) untuk Pondok Pesantren yang memiliki keterbat.
  • Selasa, 17 Maret 2020 - 06:41:53 WIB

    Ini Daftar Daerah yang Tunda Pelaksanaan UN

    Ini Daftar Daerah yang Tunda Pelaksanaan UN JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama sejatinya digelar hari ini. Namun, ada daerah yang menunda ujian itu karena wabah virus Corona COVID-19..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM